BOLU PECA' (Makassar)

Bahan:

· Adonan Bolu:
3 butir telur
4 sdm. Tepung ketan putih sangrai
½ sdt. Soda kue

· Adonan Gula:
¾ kg. Gula merah
1 gelas air
½ sdt. Vanili

Cara membuat:

  • Buat adonan bolu lebih dulu. Kocok telur bersama soda kue hingga mengembang, tambahkan tepung ketan sangria, sisihkan. Siapkan cetakan empat persegi ukuran 22 cm, oles dengan mentega. Tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Setelah kue dingin, iris setebal 2×7 cm.
  • Sementara menunggu kue dingin, masak air, gula merah dan vanili di atas api sedang hingga cair. Lalu saring dan didihkan kembali.
  • Setelah air gula jadi celupkan irisan kue ke dalam air gula satu per satu hingga bolu berubah warna menjadi coklat. Angkat dan siap dihidangkan.

(Resep Masakan Tradisional Makassar
Kiriman Ibu Johra David
Jl. Anuang 44 B Makassar).

About these ads

19 Comments to “BOLU PECA' (Makassar)”

  1. saya mau tanya gimana buat kue bolu ygbagus.saya buat kuenya bisa keras tdk bisa lembut.gimana cara buat kuelebi bagus..

  2. saya mau tanya gimana buat kue bolu ygbagus.saya buat kuenya bisa keras tdk bisa lembut.gimana cara buat kuelebi bagus..

  3. adaji orang disini?
    ada yang mau kutanya.

  4. adaji orang disini?
    ada yang mau kutanya.

  5. wah, akhirnya dapat juga resep bolu peca. sudah lama saya cari tapi belum ketemu. trims ya resepnya,ditunggu resep nya lagi. oh ya saya mau minta resep kue bepapute yang biasa dibikin kalo ada acara pengantenan di makassar.

  6. wah, akhirnya dapat juga resep bolu peca. sudah lama saya cari tapi belum ketemu. trims ya resepnya,ditunggu resep nya lagi. oh ya saya mau minta resep kue bepapute yang biasa dibikin kalo ada acara pengantenan di makassar.

  7. wah, akhirnya dapat juga resep bolu peca. sudah lama saya cari tapi belum ketemu. trims ya resepnya,ditunggu resep nya lagi. oh ya saya mau minta resep kue bepapute yang biasa dibikin kalo ada acara pengantenan di makassar. http://tanryale.multiply.com/

  8. wah, akhirnya dapat juga resep bolu peca. sudah lama saya cari tapi belum ketemu. trims ya resepnya,ditunggu resep nya lagi. oh ya saya mau minta resep kue bepapute yang biasa dibikin kalo ada acara pengantenan di makassar. http://tanryale.multiply.com/

  9. mmmmm…..kirain kalu buat bolu peca itu …….pake tepung terigu , ternyata pake tepung ketan yah ………???????

  10. mmmmm…..kirain kalu buat bolu peca itu …….pake tepung terigu , ternyata pake tepung ketan yah ………???????

  11. Hmmm, bolu peca’…. aku suka banget.
    Dulu sewaktu ibuku masih hidup aku sering banget makan bolu peca’, tapi sekarang….semua itu tinggal kenangan. Oh ibu aku rindu padamu.

  12. Hmmm, bolu peca’…. aku suka banget.
    Dulu sewaktu ibuku masih hidup aku sering banget makan bolu peca’, tapi sekarang….semua itu tinggal kenangan. Oh ibu aku rindu padamu.

  13. Wah,mbA aq udah coBa,tp kok bolux ga ngembAng yah.Malah nyusuT.Ada ksalahan dmana yah mBa.

  14. Wah,mbA aq udah coBa,tp kok bolux ga ngembAng yah.Malah nyusuT.Ada ksalahan dmana yah mBa.

  15. Untuk resep bolu peca ‘ tepung ketan bisa diganti jadi tepung terigu gak ?

  16. Untuk resep bolu peca ‘ tepung ketan bisa diganti jadi tepung terigu gak ?

  17. alhamdulillah…akhirx nemu jg resep bolu peca kesukaan q,walopun sy org sunda tp klo dah bln puasa,yg dcari dpasar ramadhan y pst bolu peca.. prnh nyoba bkn resepx dr ttgga yg org makasar,tp jdx keraaasss,hahaaa..mdh2an ini akan berhsl y,biar g hrs nggu ramadan dl br mkn bolu peca :D thanx u ibu johra..

  18. alhamdulillah…akhirx nemu jg resep bolu peca kesukaan q,walopun sy org sunda tp klo dah bln puasa,yg dcari dpasar ramadhan y pst bolu peca.. prnh nyoba bkn resepx dr ttgga yg org makasar,tp jdx keraaasss,hahaaa..mdh2an ini akan berhsl y,biar g hrs nggu ramadan dl br mkn bolu peca :D thanx u ibu johra..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: