KALEDO (Khas Palu – Sulawesi Tengah)

Kaledo

Bahan :

Daging dan tulang kaki sapi – 1 Kg

Asam jawa mentah – 5 ruas panjang

Cabe rawit hijau – 15 butir

Garam secukupnya.

Jeruk nipis.

Cara Pembuatan :

  • Cuci daging dan tulang kaki sapi hingga bersih
  • Jerang air dalam panci hingga mendidih
  • Masukkan daging dan tulang sapi, masak hingga empuk
  • Buang air rebusan daging dan tiriskan, kemudian jerang air di panci lainnya, masukkan kembali daging yang telah dimasak, ini diperlukan untuk mengurangi lemak pada air rebusan
  • Setelah air mendidih, masukkan garam caberawit hijau, penyedap rasa, dan asam jawa ke dalam rebusan daging dan tulang
  • Tutup dan rebus kembali hingga daging dan tulang kaki sapi matang
  • Sajikan dalam keadaan hangat, beri taburan bawang goreng sebagai penguat aroma.
  • Tambahkan jeruk sesuai selera.

78 Comments to “KALEDO (Khas Palu – Sulawesi Tengah)”

  1. Saya kira ini semacam karedok, awalnya.:mrgreen:

    Sepertinya menarik.😀

  2. Saya kira ini semacam karedok, awalnya.:mrgreen:

    Sepertinya menarik.😀

  3. halo………………….. salam dari gorontalo..

  4. halo………………….. salam dari gorontalo..

  5. ohya kalo bubur tinotuan ada resepnya gak..
    aniway thanks..

  6. ohya kalo bubur tinotuan ada resepnya gak..
    aniway thanks..

  7. ada tidak resep bubur tinotuan manado?
    thx

    • Resep tinutuan:
      – Beras
      – Labu kuning
      – jagung muda
      – ubi jalar dan/atau singkong
      – sayur kangkung
      – sayur bayam
      – sayur gedi (sayur org Mdo)
      – rebung muda (kalo suka)
      – sereh
      – kemangi
      – tahu goreng
      – ikan asin goreng
      – bawang goreng
      – ikan cakalang fufu goreng atau nike goreng…..

      Bahan pelengkap:
      kecap, cuka/jeruk, mie basah yg telah dikukus, minyak bekas menggoreng bawang

      1. masak beras menjadi bubur.
      2. sambil menunggu,goreng bawang, tahu dan ikan asin.
      3. masukkan kedalam bubur: sereh, labu kuning, jagung dan singkong/ubi jalar.
      2. Kalo smuanya udh matang, masukkan kangkung, bayam, gedi dan rebung (yg sudah dimasak terpisah)
      – setelah itu masuukan kemangi.
      – jgn lupa garam secukupnya dan vetsin (jika suka)
      – siap utk disantap selagi hangat ya….. TaA..daaAaa…….

      hhmmmm……. yumMy….yUmMy…..
      Bernilai gizi sgt tinggi…..

      SelamAt mencoBA…sukses!
      Pasti KetagiHan dech…..

  8. ada tidak resep bubur tinotuan manado?
    thx

    • Resep tinutuan:
      – Beras
      – Labu kuning
      – jagung muda
      – ubi jalar dan/atau singkong
      – sayur kangkung
      – sayur bayam
      – sayur gedi (sayur org Mdo)
      – rebung muda (kalo suka)
      – sereh
      – kemangi
      – tahu goreng
      – ikan asin goreng
      – bawang goreng
      – ikan cakalang fufu goreng atau nike goreng…..

      Bahan pelengkap:
      kecap, cuka/jeruk, mie basah yg telah dikukus, minyak bekas menggoreng bawang

      1. masak beras menjadi bubur.
      2. sambil menunggu,goreng bawang, tahu dan ikan asin.
      3. masukkan kedalam bubur: sereh, labu kuning, jagung dan singkong/ubi jalar.
      2. Kalo smuanya udh matang, masukkan kangkung, bayam, gedi dan rebung (yg sudah dimasak terpisah)
      – setelah itu masuukan kemangi.
      – jgn lupa garam secukupnya dan vetsin (jika suka)
      – siap utk disantap selagi hangat ya….. TaA..daaAaa…….

      hhmmmm……. yumMy….yUmMy…..
      Bernilai gizi sgt tinggi…..

      SelamAt mencoBA…sukses!
      Pasti KetagiHan dech…..

  9. koq d malang g ada kaledo sech….padahal q kngen bgt nech….q kan anank paloe assllliiii………

  10. koq d malang g ada kaledo sech….padahal q kngen bgt nech….q kan anank paloe assllliiii………

  11. halo….thanks banget ya resep bubur tinotuan nya, btw ada resep sambal dabu-dabu gak? pengen banget niy nyobain resep sambal dabu-dabu dirumah…

    thanks bgt ya…sukses truzzz!!!!

  12. halo….thanks banget ya resep bubur tinotuan nya, btw ada resep sambal dabu-dabu gak? pengen banget niy nyobain resep sambal dabu-dabu dirumah…

    thanks bgt ya…sukses truzzz!!!!

  13. saya cari resepnya burasa,,

  14. saya cari resepnya burasa,,

  15. saya pikir, ini semacam soto … ternyata hampir mirip ya …🙂
    jadi ngiler nih ….

    salam dari bogor

  16. saya pikir, ini semacam soto … ternyata hampir mirip ya …🙂
    jadi ngiler nih ….

    salam dari bogor

  17. makasih banyak..aduh blog ini sgt membantu..kangen sekali sama kaledo… ternyata bumbunya simple dan gak rumit ya… tapi rasanya gak kalah dg apa pun… mantappp!!! Pake ubi kayu / singkong tambah enak !!🙂

  18. makasih banyak..aduh blog ini sgt membantu..kangen sekali sama kaledo… ternyata bumbunya simple dan gak rumit ya… tapi rasanya gak kalah dg apa pun… mantappp!!! Pake ubi kayu / singkong tambah enak !!🙂

  19. Wah, jadi tambah kangen sama KALEDO. Dulu saya pernah tanya di milis Jalansutra, tp gak ada yg tau lokasinya di jakarta.
    Ada yg tahu gak, dimana yg jual Kaledo di Jakarta??

    • kalau mau makan kaledo dijakarta,
      di plaza semanggi lt.3 restauran “WOKU” satu porsi 45.000,- kalu mau pesan lebih murah untuk acara keluarga, bisa hubungi tlp.021-7308954 ibu agustina.

    • jual kaledo di kramat sentiong jakarta pusat, Samping IndoMart lengkap masakan sulawesi ada nasi kunig, ikan bakar, kaledo, coto, konro, barongko, panada dll. MAKNYUS LHO

    • KALEDO diJakarta setiap hari ada di Jl.Tebet Utara I no.51 (3 rumah sebelum Soto Gebrak) buka dari jam 08.00 – 22.00. Kalau hari Minggu ada diTMII dari jam 06.00 – 11.00 di depan pintu masuk Taman Burung diacara Minggu Ria.
      Menu yang dijual : KALEDO, NASI KUNING, ES PISANG IJO

  20. Wah, jadi tambah kangen sama KALEDO. Dulu saya pernah tanya di milis Jalansutra, tp gak ada yg tau lokasinya di jakarta.
    Ada yg tahu gak, dimana yg jual Kaledo di Jakarta??

    • kalau mau makan kaledo dijakarta,
      di plaza semanggi lt.3 restauran “WOKU” satu porsi 45.000,- kalu mau pesan lebih murah untuk acara keluarga, bisa hubungi tlp.021-7308954 ibu agustina.

    • jual kaledo di kramat sentiong jakarta pusat, Samping IndoMart lengkap masakan sulawesi ada nasi kunig, ikan bakar, kaledo, coto, konro, barongko, panada dll. MAKNYUS LHO

    • KALEDO diJakarta setiap hari ada di Jl.Tebet Utara I no.51 (3 rumah sebelum Soto Gebrak) buka dari jam 08.00 – 22.00. Kalau hari Minggu ada diTMII dari jam 06.00 – 11.00 di depan pintu masuk Taman Burung diacara Minggu Ria.
      Menu yang dijual : KALEDO, NASI KUNING, ES PISANG IJO

  21. Kalo di Palu, tukang kaledo yg enak di pinggir pantai jalan menuju Kab. Donggala.
    Kalo di Luwuk yg enak dekat hotel Ramayana.

  22. Kalo di Palu, tukang kaledo yg enak di pinggir pantai jalan menuju Kab. Donggala.
    Kalo di Luwuk yg enak dekat hotel Ramayana.

  23. kalo di palu, kaledo yang paling enak itu yang dikasih gratis dan dimakan pada saat lapar sekali

    • Kalo mau kaledo, Es Pisang Ijo, Pallubutung, Klappertaart khas Manado di Surabaya, ada di jalan Ondomohen/Walikota Mustajab 37. Telp. 031-91291800

  24. kalo di palu, kaledo yang paling enak itu yang dikasih gratis dan dimakan pada saat lapar sekali

    • Kalo mau kaledo, Es Pisang Ijo, Pallubutung, Klappertaart khas Manado di Surabaya, ada di jalan Ondomohen/Walikota Mustajab 37. Telp. 031-91291800

  25. Kaledo tuh enaknya dimakan kalo lg panas2nya. tapi kok susah skali nyarinya di kota lain di luar palu. Kenapa yah????

  26. Kaledo tuh enaknya dimakan kalo lg panas2nya. tapi kok susah skali nyarinya di kota lain di luar palu. Kenapa yah????

  27. bagi yang rindu kaledo di Jakarta, tersedia di hypermart kebon kacang, di depan mess pemda sul teng. Tapi apa sama yang di Palu (jln Diponegoro)? Ndak tau ya. Anggap saja sama.

  28. bagi yang rindu kaledo di Jakarta, tersedia di hypermart kebon kacang, di depan mess pemda sul teng. Tapi apa sama yang di Palu (jln Diponegoro)? Ndak tau ya. Anggap saja sama.

  29. meskipun kita tinggal diluar palu (baca:bondowoso jawatimur)
    tapi mama masih sempet buatin kaledo buat keluarga
    hmm…
    kaledo buatan mamaku paling maknyuzzzz…

    ma cepet pulang dari biromaru ya,,
    kalu naek pesawat jangan lupa ayam panggang biromarunya!!
    hehehe

    oy ama asam buat kaledo

  30. meskipun kita tinggal diluar palu (baca:bondowoso jawatimur)
    tapi mama masih sempet buatin kaledo buat keluarga
    hmm…
    kaledo buatan mamaku paling maknyuzzzz…

    ma cepet pulang dari biromaru ya,,
    kalu naek pesawat jangan lupa ayam panggang biromarunya!!
    hehehe

    oy ama asam buat kaledo

  31. ingat kluarga nih dipakuli, kk paling enak masakan kaledonya

  32. ingat kluarga nih dipakuli, kk paling enak masakan kaledonya

  33. Kaledo di Palu yang enak di Loli atau Donggala tua, dari kota palu kl.7 km memang top disitu, sejak dari dulu sudah ada disana, harganya dari 1.500 /porsi thn.79 sekarang 25.000/porsi. Istri saya kepingin buka rumah makan kaledo di jabotabek, dan nasi kuning, dan kue2 khas sulawesi. kata temen2 kantor masakan istriku boleh dikembangkan /bisnis. jika ada yg ingin kerjasama atau anda memiliki tempat yg strategis. silakan hub.021-7308954

  34. Kaledo di Palu yang enak di Loli atau Donggala tua, dari kota palu kl.7 km memang top disitu, sejak dari dulu sudah ada disana, harganya dari 1.500 /porsi thn.79 sekarang 25.000/porsi. Istri saya kepingin buka rumah makan kaledo di jabotabek, dan nasi kuning, dan kue2 khas sulawesi. kata temen2 kantor masakan istriku boleh dikembangkan /bisnis. jika ada yg ingin kerjasama atau anda memiliki tempat yg strategis. silakan hub.021-7308954

  35. kaledo yg lengkap infonya di

    http://www.facebook.com/group.php?gid=72445553191

    gabung hayooo….!

  36. kaledo yg lengkap infonya di

    http://www.facebook.com/group.php?gid=72445553191

    gabung hayooo….!

  37. ada yg tau tdk,,,tempat makan kaledo di’daera jakarta utara,,,coz udh 3thn ini pingin skali mo makan kaledo,,,tapi tdk tau tempat jualan kaledo di’daera jakarta utaraaa,,,
    kalo ada yg tau minta info nya yah,,,,

  38. ada yg tau tdk,,,tempat makan kaledo di’daera jakarta utara,,,coz udh 3thn ini pingin skali mo makan kaledo,,,tapi tdk tau tempat jualan kaledo di’daera jakarta utaraaa,,,
    kalo ada yg tau minta info nya yah,,,,

  39. iiiiwwwaaawww pe enak jo ntu Kaledo

  40. iiiiwwwaaawww pe enak jo ntu Kaledo

  41. Sy dl pernah tinggal di palu selama 10th, dan sangat suka skali mkn kaledo dan skrg sy mo apakah di surabaya apa ada yg jual masakan khas palu tsb ?

  42. Sy dl pernah tinggal di palu selama 10th, dan sangat suka skali mkn kaledo dan skrg sy mo apakah di surabaya apa ada yg jual masakan khas palu tsb ?

  43. kaledo memang enaaaaaaaaak sekali dan tidak pernah saya lupakan apalagi setiap plng kmpng saya sering di buatkan kaledo oleh ibu saya hahahaha

  44. kaledo memang enaaaaaaaaak sekali dan tidak pernah saya lupakan apalagi setiap plng kmpng saya sering di buatkan kaledo oleh ibu saya hahahaha

  45. Kaledo oh kaledo..pengin makan kaledo, kangen..

  46. Kaledo oh kaledo..pengin makan kaledo, kangen..

  47. Waduh….. jd inget hotel Rhamayana di Luwuk – Sulteng.

  48. Waduh….. jd inget hotel Rhamayana di Luwuk – Sulteng.

  49. saya akan segera meluncur ke palu…

    hheehehehe…penempatan kerja disana.

  50. saya akan segera meluncur ke palu…

    hheehehehe…penempatan kerja disana.

  51. narasa mpu rangga kaledo le…

  52. narasa mpu rangga kaledo le…

  53. Saya sangat ingin mengembangkan apa saja yang berasal dari wilayah TIMUR.Karena suami saya orang Palu (SULTENG) maka masakannyalah yang saya mau expose dijakarta antara lain :KALEDO
    Sebetulnya dunia pariwisata di Sulawesi Tengah sangat prospek tapi sayang belum disentuh dengan baik.Kalau ada yang berminat?

  54. Saya sangat ingin mengembangkan apa saja yang berasal dari wilayah TIMUR.Karena suami saya orang Palu (SULTENG) maka masakannyalah yang saya mau expose dijakarta antara lain :KALEDO
    Sebetulnya dunia pariwisata di Sulawesi Tengah sangat prospek tapi sayang belum disentuh dengan baik.Kalau ada yang berminat?

  55. Warung KALEDO saya namanya KALEDO LAMANDO.
    KALEDO harga per porsi Rp.17.000
    Nasi Kuning Rp.12.000/porsi
    Es Pisang Ijo Rp.10.000/porsi

  56. Warung KALEDO saya namanya KALEDO LAMANDO.
    KALEDO harga per porsi Rp.17.000
    Nasi Kuning Rp.12.000/porsi
    Es Pisang Ijo Rp.10.000/porsi

  57. Bila mau menghubungi saya bisa tilpon ke 08159115941

  58. Bila mau menghubungi saya bisa tilpon ke 08159115941

  59. hmmmmmmmmmmm………jd lapar liatx….d Tarakan ada sih yang jual Kaledo……tp t sama rasanya dengan Kaledo buatan Palu………..

  60. hmmmmmmmmmmm………jd lapar liatx….d Tarakan ada sih yang jual Kaledo……tp t sama rasanya dengan Kaledo buatan Palu………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: