Cakwe

Bahan:

½ kg terigu

400 ml air

1 sdm. baking powder

2 sdt. baking soda

1½ sdt. garam

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

Masukkan baking powder, baking soda dan garam ke dalam baskom lalu masukkan air dan aduk rata.  Masukkan terigu dan aduk rata.  Biarkan 15-20 menit. 

Ambil adonan yang dipinggir baskom lalu dipindahkan ke tengah-tengah adonan lalu biarkan lagi 15-20 menit.  Terus lakukan ini 3-4 kali sampai adonan menjadi halus dan elastis.

Balik adonan dan beri sedikit minyak di permukaannya supaya adonan tetap lembab.  Biarkan selama 1 jam.

Angkat adonan dari baskom lalu dibungkus dengan plastik dan bentuk persegi panjang.  Diamkan lagi selama 4 jam.   Kalau membuat adonan lebih dari ½ kg, potong adonan dan pisahkan setiap ½ kg lalu dibungkus plastik.

Buka bungkus plastik adonan.   Dengan batang kayu bulat, tekan adonan dan bentuk persegi panjang dengan lebar 6 cm dan tebalnya 15 mm.

Setelah itu potong adonan pipih tadi selebar 0.75 cm sampai habis.  Lalu letakkan satu potongan dengan satu potongan menjadi dua kemudian gunakan tusuk sate tekan bagian tengahnya yang memanjang.   Dengan demikian kedua potongan tadi menempel jadi satu.  Selesaikan semua potongan.

Panaskan minyak di wajan untuk menggoreng dengan api sedang.

Dengan dua tangan ambil kedua ujung potongan adonan tadi lalu tarik sampai kira-kira 20 cm (jangan sampai putus) lalu masukkan ke dalam penggorengan dan goreng sampai cakwe mengembang dan bolak-balik sampai cakwe menjadi kecoklatan.  Angkat dan hidangan bersama bubur ayam.

33 Comments to “Cakwe”

  1. udah lama banget nyari2 resep cakwe, dan akhirnya ketemu juga makasih ya bu

  2. udah lama banget nyari2 resep cakwe, dan akhirnya ketemu juga makasih ya bu

  3. asyik nehhhhh…byk resepnya..

  4. asyik nehhhhh…byk resepnya..

  5. waah, trima kasih ya resepnya. Kebetulan suamiku lagi nyari nih. Lagi rajin nyoba2 resep.

  6. waah, trima kasih ya resepnya. Kebetulan suamiku lagi nyari nih. Lagi rajin nyoba2 resep.

  7. terima kasih resep Cakwenya, tapi apakah baking soda bisa diganti dengan bahan lain?, berhubung di Prancis sulit mendapatkannya.
    terima kasih sekali lagi,
    Maya

  8. terima kasih resep Cakwenya, tapi apakah baking soda bisa diganti dengan bahan lain?, berhubung di Prancis sulit mendapatkannya.
    terima kasih sekali lagi,
    Maya

  9. akhirnya nemu juga resep cakwe,,
    Tq yaa…… :p

  10. akhirnya nemu juga resep cakwe,,
    Tq yaa…… :p

  11. resep cakwe ini hanya cocok dihidangkan bersama bubur ya ?

  12. resep cakwe ini hanya cocok dihidangkan bersama bubur ya ?

  13. Lagi nyari resep cakwe nemu nie site..TFS ya.ijin nyoba

  14. Lagi nyari resep cakwe nemu nie site..TFS ya.ijin nyoba

  15. aer na bener 400ml?
    adonan na pa ga jd bubur?

  16. aer na bener 400ml?
    adonan na pa ga jd bubur?

  17. duch gmn cra liat resepnya…?
    gak ktmu neh…..

  18. duch gmn cra liat resepnya…?
    gak ktmu neh…..

  19. mo nanya..beda baking powder ma baking soda apa ya….maklum ga gaul bahan masakan….dah lama cari resep cakwe br skg ketemu..thanks

  20. mo nanya..beda baking powder ma baking soda apa ya….maklum ga gaul bahan masakan….dah lama cari resep cakwe br skg ketemu..thanks

  21. thanks ya,kalo ginikan kagak usah beli bukunya

  22. thanks ya,kalo ginikan kagak usah beli bukunya

  23. Hi, pertama2 thanks utk resepnya…

    tapi minggu lalu saya coba resep ini (percis seperti yang ditulis), tapi koq lembek sekali yah hasilnya?, sehingga seluruh adonan saya buang…tolong diberikan pencerahan, agar saya bisa juga sukses membuatnya…
    Terimakasih sebelumnya.

  24. Hi, pertama2 thanks utk resepnya…

    tapi minggu lalu saya coba resep ini (percis seperti yang ditulis), tapi koq lembek sekali yah hasilnya?, sehingga seluruh adonan saya buang…tolong diberikan pencerahan, agar saya bisa juga sukses membuatnya…
    Terimakasih sebelumnya.

  25. kayakna ada yg salah nih sama komposisi resepna, masak tepung 1/2 Kg, airna 400Ml tapi adonan harus jadi elastis, bisa digiling, dipotong, dibalik pula, ya ga mungkin !! adonan dengan ukuran air segini mah yg ada jadi bubur cakwe hheeehhh…hheee

  26. kayakna ada yg salah nih sama komposisi resepna, masak tepung 1/2 Kg, airna 400Ml tapi adonan harus jadi elastis, bisa digiling, dipotong, dibalik pula, ya ga mungkin !! adonan dengan ukuran air segini mah yg ada jadi bubur cakwe hheeehhh…hheee

  27. makasih ya resepnya.

    saya tanya resepini ke setiap pedagang gada satu pun yang mau ngasih tw.segitu rahasiakah ?????????????????????????????

    saya lihat komentar komentar di atas pada kecewa ya apakah ada sesuatu yang anda sembunyikan?????????????????????????????????

    nanti insya allah resepnya ssaya coba.jika gagal ……………………………………………………..
    i don’t know

  28. ko ga ada tulisan itu makanan khas dari mana
    :p

  29. ko ga ada tulisan itu makanan khas dari mana
    :p

  30. Setau saya, baking soda akan membuat adonan menjadi tdk mengembang
    airnya nya apa ga kebanyakan ya?? Dijawab ya,, supaya adonannya jd dan ga buang” uang^^
    Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: