Gurame Asem Manis

Bahan:

1 ekor (1 kg) ikan gurame, dibersihkan dan buang isi perutnya

2 sendok makan tepung kanji

½ sdt. garam

minyak goreng secukupnya

Bahan untuk saus:

500 gram tomat merah

150 cc air

1 sdm maragrine

3 butir bawang merah, iris tipis

2 siung bawang putih, iris tipis

3 cabe merah, iris tipis memanjang

4 cm jahe, iris tipis memanjang

10 batang lokio

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

1 sdm cuka

1 sdm bumbu penyedap

4 sdm saus tomat botol

1 sdt tepung kanji, diaduk dengan sedikit air

Cara Membuat:

Lumuri ikan gurame yang sudah dibersihkan dengan campuran tepung kanji dan garam. Masukkan minyak secukupnya ke dalam wajan yang besar supaya seluruh ikan bisa masuk.

Kemudian goreng dalam minyak panas yang cukup banyaknya agar ikan tergenang dan tidak lengket di wajan.

Angkat ikan apabila warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan dan dagingnya sudah matang.

Cara membuat saus:

Seduh tomat dengan air medidih lalu diamkan sampai kulit tomat menjadi lunak. Hancurkan tomat lalu disaring dan buang ampasnya. Campur air tomat dengan 150 cc air.

Di dalam wajan panaskan margarine, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe sampai harum lalu masukkan lokio dan air tomat. Masukkan gula, cuka dan bumbu penyedap. Tuangkan saus tomat dan masukkan cairan tepung kanji. Masak sampai mendidih dan mengental lalu diangkat.

Hidangkan ikan gurame goreng dengan menuangkan saus ke atasnya.

Untuk 6 orang.

12 Comments to “Gurame Asem Manis”

  1. kayanya enak nih…mau coba ahhhhhhhhhhhh

  2. ini dia makanan kesukaan ku dan suamiku hehehe… tak cobane wes….

  3. thanks resepnya yee…mau di coba ah

  4. Sudah saya coba resepnya, paaasss banget…maknyuss!!! top markotop…!!

  5. aqu segera coba ni anak paling suka yg begini an alis asam manissssss tq

  6. wah ini aq bisa reques istriku buat masakan special

  7. lokio itu apa ya?

  8. baru mau nyoba nih enak nga yah………

  9. yap ini salah satu makana favourite ku . pokok nya satu gurame tuh bisa habis sama sendiri saos tu wah bikin ngileurrrrrrr… ada resep cara lain gak buat gurame asam manis ni soalnya ada yang pake saos tiram saos tomat ??????

  10. terima kasih atas resepnya

  11. waduh byk versinya, mau coba yg mana ya

  12. nyem….nyem…nyem…. perlu dicoba neh…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: