Ayam Penyet

Bahan :
1/2 kg ayam yang berkulit
100 ml air
1/4 sdt merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :
2 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1/4 sdt ketumbar
Sedikit kunyit bubuk

Sambal :
1/4dt garam
1/2 sdt gula pasir
5 cabai rawit merah
Sedikit terasi
1/2 buah tomat

Cara olah :
Campur ayam dengan bumbu halus, merica bubuk dan air. Masak dalam wajan tertutup sampai air habis. Dinginkan.
Ulek garam, terasi, gula dan cabai rawit merah, kemudian tambahkan potongan tomat,tekan-tekan supaya tomat agak hancur.
Goreng ayam dalam minyak panas sampai agak kering.
Panas-panas, taruh ayam dalam cobek, tekan dengan ulekan.
Hidangkan dengan nasi panas dan lalapan.

33 Comments to “Ayam Penyet”

  1. thanks for sharing
    saya copy ya kapan2 saya ingin juga membuat ayam seperti ini

    • heran ya, di indonesia, malaysia diburukin bangsa pencuri segala, tapi di malaysia, ramai indonesian merampok dan buat jenayah berat tidak dilaporkan media ind.. amalan yang dibawa oleh penduduk nusantara dari wilayah indonesia sudah lama wujud di malaysia sebelum wujudnya malaysia atau indonesia sendiri.. bgimn pula dgn bahasa indonesi yg diceduk dari tamadun melayu melaka, setau gue indonesia bahasanya bugis, jawa, makasar, banjar, tidung, bajau, jambi, padang, dan bermacam lagi bangsa tapi memilih untuk mengambil bahasa melayu yang asalnya berkembang semasa melaka meluaskn empyarnya lama sebelum indonesia dan malaysia wujud.

  2. salam, saya dari Malaysia, gemar banget makan ayam penyet. di malaysia harganya RM6.00 = 15000 rupiah. mahal ngak? saya pun ingin mencobak masak sendiri, tapi, ngak berapa tahu maksudnya merica and terasi tu apa ya dlm bahasa English nya? makasih. saya suka bangat cerita PUTERI YG TERBUANG.

    • Eh klo udah tau resepnya,jangan diklaim resep asli buatan malaysia ya, kasian banget bangsamu ya..ndak tau malu

      • emang malaysia tuh ngak tau diri…

      • bersyukurlah rakyat ind dtang ke mlysia di lyan dgan baik..dberi pkerjaaan..x pyah nak kutuk2…kamu yang kutuk malaysia,sedarlah diri..jgan jadi bangsa yg x kenang budi

    • hai wai merica itu pepper ada hitam ada putih sedang terasi itu belacan dlm bahasa melayu klo ada jahe itu halia paham tak

  3. merica = pepper, terasi = Shrimp paste

  4. terasi dalam bahasa malaysia itu belacan.
    easy khan?
    kalau mau agak gurih (crunchy) belacan di bakar dulu

  5. Fantastik..aku kepengen coba deh ni resep…tapi seingat aku ayam penyet itu minus kulit lho..terakhir beberapa tempat di Medan yang aku pergi coba ayam penyetnya..semua tanpa kulit..that means good..healthier no cholesterol.

  6. First time saya makan ayam penyet ni mmg cukup best. saya jumpa makanan ni kat Pasir Gudang Johor. Orang Indonesia yg jual. memang sedap terutama skali sambal belacan tu. Saya tak faham cara nak masak ayam tu. ayam tu kene masak dgn air dulu sampai habis lepastu baru goreng?

    “Campur ayam dengan bumbu halus, merica bubuk dan air. Masak dalam wajan tertutup sampai air habis. Dinginkan.
    Ulek garam, terasi, gula dan cabai rawit merah, kemudian tambahkan potongan tomat,tekan-tekan supaya tomat agak hancur.
    Goreng ayam dalam minyak panas sampai agak kering. “

  7. Pilih ayam kampung yang tidak terlalu tua, rebus/presto dengan bumbu halus dan air kelapa sampai empuk dan air menyusut, goreng sampai kering. ( bumbu halus : kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih, garam, gula, daun jeruk limau, kemiri)
    resep sambal belacan/terasi versi mentah: haluskan cabe rawit cabe merah besar terasi garam gula, tomat (bisa diganti serutan mangga muda)
    resep sambat belacan/terasi versi matang : goreng sebentar cabe rawit,cabe mwrah besar, tomat, bawang merah. Haluskan semuanya ditambah garam, gula, dan terasi

  8. hai saya dari malaysia
    ade sape2 pernah cuba buat nasi ayam penyet ini?
    saya nak datang belajar
    tolong call saya di 012-2555978

  9. Setahu saya, ayam penyet itu tidak pakai santan, bisa jadi gulai donk!, cukup resep diatas saja, pakai panci biasa, kalau pakai presto nanti terlalu lunak.
    its very easylah…di Batam almost every corner you can get it.

  10. Ah air kelap toch.. oon sorce😀

  11. kalau tidak pake terasi sama sekali bagaimana,tetap enak nggak ?

  12. wajan dan cobek, maksud nya apa ya.. in english or malay.. lagi satu kapan ayamnya di penyet kan, atau di smash sbb ayam tu nampak penyet sikit

  13. kalau pakai bawang merah bisa nggak?

  14. ENAK GAAAK..entar aku nyobak gak enak..kan rugi aku ayam 1/2 kg…tulangnya di hilangi gak..coy..

  15. niat banget nih mau coba, moga suamiku suka yaaaa……

  16. Aku mo coba untuk buka puasa nanti… Anak2 suka sekali… Tapi kalau beli biasanya Ada keremesnya… Ada yang tahu Cara membuat keremesnya ? Terimakasih….

  17. Buat temen2 dari Malaysia..

    cobek = lesung batu.
    wajan = kuali
    panci = periuk
    merica bubuk = serbuk lada sulah (putih)
    terasi = belacan
    Ulek = tumbuk (dengan lesung batu)
    tomat = buah tomato

  18. kayaknya enak tuh…ntar dirumah suruh buat…

  19. wah pingin coba nii,

  20. ENAK BANGET……….aku paling suka ayam penyet
    .

  21. kok bikin sambelnya ga pake bawang ga enak dong

  22. gw pernah merantau disekitaran malaysia, disanalah pengalaman saya paling buruk. 90% orang sana ga tau malu, bermuka dua, pokoknya sifat orang sana jelek sejelek2nya orang….
    klo menurut saya ga punya harga diri…

  23. bukan ker..ayam penyet ni kena pakai garam special dari Indonesia? Lupa nama nya…garam apa ya?

  24. wah kayanya enak nih, terima kasih ya resepnya, saya mau coba… lagi keranjingan ayam penyet… nyam2

    • My favorite too…

      Menurutku sambel untuk ayam penyet itu tergantung selera…. kalau di indonesia membuat ayam penyet bisa dengan sambel terasi/belacan, sambal bawang, sambal ijo atau sambal mangga…

      Sebenarnya yang membedakan adalah bumbu ayam dan cara memasak dengan “mengungkep” = ayam direbus/presto dengan bumbu dan air/air kelapa sesuai selera sampai air habis baru kemudian digoreng.

      Sementara asal kata penyet sebenarnya lebih karena penyajiannya. Saat disajikan ayam biasanya “dipenyet” = ditekan diatas sambal dengan ulekan sampai agak gepeng . Arti kata “penyet” sendiri adalah gepeng atau pipih karena ditekan.

      Mudah-mudahan menjadi tambahan untuk sesama penggemar PENYET!!

  25. Wah, di Malaysia suka ayam penyet juga ya? Eh kok ada orang malaysia yang bilang bahasa indonesia dari bahasa melayu malaka, aduh.. Kamu jng salah di Indo ada banyak bahasa daerah termasuk bahasa melayu, bahasa indo di ambil dari bahasa melayu RIAU,Riau adalah PUSAT budaya melayu, riau terpisah dari Johor dan Malaka. Kamu jgn sembarangan ngomong. Nanti orang riau mrh loh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: