Lontong Balap

Bahan :
Untuk Kuah :
Air kaldu dari tulang sapi
Bw putih, keprak
merica bubuk
Maggi block
Garam
Taoge (boleh direbus tersendiri/dipisah)
Daun celery, iris halus
Bw merah goreng

Bahan Lentho :
Kacang merah, rebus hingga empuk, tumbuk kasar (saya pakai black eye peas kalengan, tiriskan, tumbuk kasar)
Tapioka
Kelapa parut
bw putih + bw merah haluskan
ketumbar bubuk
merica bubuk
garam

Bahan pelengkap :
Lontong, dipotong-potong
Tahu goreng (pilih tahu yang menggembung), potong-potong
Bawang merah goreng untuk taburan
Irisan daun celery untuk taburan
Kecap manis (harus pakai)
Sambal oeleg
Petis (jika suka, biasanya gak pake)

Cara olah :
Membuat Kuah :
Tumis bw putih hingga harum, masukkan air kaldu dan semua bumbu, biarkan mendidih.
Setelah mendidih, masukkan taoge, rebus hingga mendidih kembali. Sebelum api dimatikan masukkan irisan daun celery dan bw merah goreng.

Membuat Lentho :
Campur semua bahan hingga dapat dipulung, goreng dalam minyak panas hingga kering dan krispy banget. Angkat. Setelah dingin dipotong-potong.
Lentho ini harusnya keras dan crispy.

Cara menyajikan :
Taruh irisan lontong dan tahu, siram dengan kuah dan taoge, taburi dengan bawang merah + celery, beri irisan lentho, drizzle dengan kacap manis, beri sambal.

3 Comments to “Lontong Balap”

  1. Baru baca resepnya, udah lapar duluan. Ntar gw coba, deh.

  2. bikin pert ku keroncongan aja, ha… ha… ha…

  3. Saya Punya Rencana Akan Membuka Resto Longtong Balap Dilampung

    Resto Khas Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: