Barongko (Sulawesi Selatan)

Bahan :
200 gr tepung ketan
25 gr tepung kanji
100 ml air mendidih
1 sdt garam
½ sdt vanilli
850 ml santan hangat dari 1½ butir kelapa
10 buah pisang raja tua dan matang (bisa diganti pisang tanduk atau pisang kepok)
daun pisang untuk membungkus
350 ml santan kental dari 1½ butir kelapa beri ½ sdt garam

Cara Membuat :
1. Campur tepung beras dan tepung kanji, lalu tuangi air mendidih sambil diaduk-aduk. Masukkan gula, garam dan vanilli, tuangi santan hangat, aduk sampai rata. Lalu masak di atas api hingga setengah matang. Angkat. Sisihkan.
2. Kupas pisang, belah 2 memanjang, lalu iris setebal ½ cm. Masukkan ke dalam adonan tepung beras, aduk hingga tercampur rata.
3. Ambil selembar daun pisang, taruh 2 – 3 sdm adonan, lalu tambahkan 2-3 sdm santan kental, bungkus dan sematkan dengan lidi.

4. Kukus selama 30 – 40 menit hingga matang.

13 Comments to “Barongko (Sulawesi Selatan)”

  1. ini kue favorit saya dalam bulan suci ramadhan ini harus ada….

  2. bolu peca’ magello’ to

  3. assalamu alaikum..
    yg namax barongko itu uenak banget….
    mantap deh pokonya……

  4. WaHH BarongKo Itu MakNan PaLing ENak seDunia Dahh

    WeKzzzzzzzzzz Mau BaRoNgKo seKarAng neChhhhhhhh Tp Jauh di MakAssar SoNo….

    MaMa Mau BaRoNgKo……

  5. iya barongkok enak banget tuh. Mau coba ah resepnya. Thanks ya

  6. Wuenaaak, Nanti Sy suruh Istriku Bikin Barongko…

  7. barongko,,,,,,
    wuuuuuuuueeeeeeennnnaaaaaaaaaaaakkkkkk

  8. Barongko, mskipun saya buka orang Sulawesi, tapi makanan barongko adalah makan kesayangan saya, enaaaaak, manis, lezat

  9. Duuh baca resepnya aja dah bikin aq ngilerrrr, mau coba tuk suamiku tercinta,secara dia org sana gitu

  10. lagi hunting resep barongko, nemu blog ini.. tp kok setelah baca resepnya, lebih mirip resep buat bikin roko2 unti ya?? (nagasari)

    maaf klo sy yang salah.. soalnya setau sy, barongko itu pake telur, sedang resep di atas malah ga pake hehe.. dan juga barongko ga menggunakan tepung sama sekali..

    mohon pencerahannya🙂

  11. ingat masa di kampung, suka makan yang namanya barongko, pokoknya mallunra massiva

  12. barongko, 1 sisir pisang raja haluskn, sisihkan, ambil 3btr telur +kan 1 gls gula, mix hingga res, tuangi 1ltr santan (dr 1btr kelapa) masukkan pisang, ambil 1lbr daun pisang tuangi 1 sndok adonan (pakai sendok sayur) semat, atau boleh menggunakan cetakan, kukus hingga matang, Insya Alllah enak ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: