Archive for September 21st, 2007

21/09/2007

Sambal Teri Santan

Bahan :
3 sdm minyak sayur
1 buah tomat merah, cincang kasar / parut
250 ml santan dari 1/4 butir kelapa kupas parut
250 g teri jengki tawar, goreng kering
1 bh kentang iris tipis, goreng kering
1 sdm air jeruk nipis

Bumbu, haluskan:
7 buah cabai merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
½ sdt terasi goreng
1sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Cara olah :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan tomat hingga harum dan matang.
2. Masukkan petai dan santan, masak hingga kental.
3. Masukkan teri jengki dan air jeruk, aduk cepat hingga rata.
4. Angkat, sajikan.

Advertisements
21/09/2007

Asinan Bogor

Bahan :
Untuk kuahnya :
Cabe giling ( cabe segar yg di blender ) banyaknya sesuai selera
Gula Pasir secukupnya
Asam Jawa secukupnya
Garam secukupnya
Cuka secukupnya

Asinan buah :
Mangga mengkal
Papaya mengkal
Bengkuang
Jambu air
Kedondong

Asinan sayur :
Tauge
Sawi asin khusus asinan ( bisa dibeli dipasar tradisional dan supermarket )
Antanan ( bagi yang suka dengan sayuran ini boleh ditambahkan )
Tahu
Mentimun

Cara olah :
Rebus semua bumbu kecuali cuka , biarkan hingga mendidih beberapa lama, angkat dan tiriskan, setelah dingin masukan cuka secukupnya. Masukkan potongan sayuran atau buah kedalam mangkuk , siramkan kuahnya ke mangkuk, bila ingin kuahnya lebih meresap kedalam buah dan sayuran, simpan dilemari es, lalu hidangkan.
Tuangkan sisa kuah asinan kedalam wadah atau botol yang bisa ditutup rapat, simpan dilemari es ( bisa tahan hingga 1 bulan ) sewaktu-waktu ingin makan asinan, tinggal potong2 buah atau sayuran masukkan ke mangkuk lalu siramkan kuah asinan, beri taburan kacang goreng dan..mmmm rasakan segarnya asinan bogor.

21/09/2007

Udang Buncis

Bahan :
Udang Windu 1 kg, bersihkan
Buncis ¼ kg, potong kecil

Bumbu merah :
Cabai Merah besar 6 buah
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 6 siung
Garam secukupnya
Semua bahan di tumbuk halus

Penyedap :
1.Daun jeruk sesuai selera
2.Garam dan gula sbg penyedap rasa takaran 1:1
3.Bawang bombay iris membulat seperti untuk salad

Cara olah :
Tuangkan minyak untuk menumis secukupnya dalam penggorengan, masukan bumbu merah hingga matang dan wangi, beri air hingga macak-macak, masukkan udang hingga bumbu menyerap dan udang matang, masukkan buncis dan penyedap 1,2,3 , tumis sebentar, jangan sampai buncisnya terlalu layu agar warnanya tetap hijau.
Hidangkan, taburi goreng bawang di atasnya dan sajikan dengan nasi hangat , sambal lalap.
Selamat mencoba ya buat yang ngefans ma udang.

21/09/2007

Ayam Kecap dadakan

Bahan :
Ayam kurang lebih 500g
5 siung (besar) Bawang merah
4 siung (kecil) Bawang putih
1 siung Bawang bombay (Zwiebel)
1 Cabe merah besar (peperoni)
3 cabe rawit
3 buah Kemiri
4 Daun jeruk nipis
1 Tomat
Garam, Micin, Kecap manis, saus tiram, Maggie.

Cara olah :
Ayam dipotong2 jd bbrp bagian (kalo gue jadi 6 potong), terus direndem pake garem & ketumbar, terus digoreng sampe empuk berwarna kecoklatan.
Bahan2 bumbu (bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe rawit, peperoni merah) diiris kecil2, kemiri ditumbuk, terus semuanya ditumis. Sambil tumis, masukin Micin, Pfefer, Maggie Würze Tröpfchen, terus kecap manis, terus saus tiram.. terus aduk2 dulu, sampe wangi.
Terus masukin daun jeruk, sama tomat yg udah diiris2. Terus kasih sedikit air biar ga kentel2 banget. Terus diemin dulu kira2 5 menit (apinya jangan gede2), terus baru masukin ayam yg udah digoreng tadi. Ayam sama bumbu diratain, di aduk2, terus diemin kira2 10 menit (apinya kecil aja)
Udah deh, terus siap saji 😉 makanya pake sambel yg di ulek, terus makannya pake tangan, nasinya panas bwanget.. hehehe..
selamat nyobain yah.

21/09/2007

Pangsit Goreng koboy

Bahan :
– daging cincang 100 gram kurang barangkali
– 4 udang besar
– bawang putih bubuk
– merica bubuk
– garam
– gula putih
– Gemüsebrühe atau royco sedikit

Cara olah :
Daging dan udang diblender
Masukkan semua bumbu dan ratakan, banyaknya bumbu berdasarkan insting yang lagi puasa saja nih .
Poleskan di tengah kulit wantan dan tutup dengan kulit wantan lainnya, lalu tekan merata itu isinya setipis mungkin agar lekas matang saat digoreng
Panaskan minyak (saya tidak terlalu banyak memakai minyak, yang penting satu bagian terendam) dan goreng serta bolak-balik wantan hingga matang
Sajikan dengan sambel tomat dan sambel botol.