Soto Lamongan

Bahan :
300 gram ayam kampung
1.500 ml air untuk merebus
1 cm lengkuas, memarkan
2 butir cengkih
1 tangkai serai, memarkan
garam secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
1/2 sendok teh merica
1 1/2 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri

Pelengkap :
100 gram taoge
50 gram soun, rendam
100 gram kol putih, iris halus
2 butir telur rebus, belah dua
1 sendok makan bawang putih goreng
jeruk nipis
sambal cabai rawit
kecap manis

Cara olah :
Rebus ayam bersama lengkuas, cengkih, serai, dan garam.
Sementara itu buat bumbu halus, kemudian tumis hingga harum, masukkan dalam rebusan ayam.
Angkat ayam kemudian suwir-suwir. Sisihkan.
Tata dalam mangkuk, taoge, soun, kol putih, ayam, telur rebus, dan tuangi dengan kuah.
Lengkapi dengan sambal cabai, kecap manis, jeruk manis, dan taburi dengan bawang putih goreng.
Untuk 5 porsi.

34 Comments to “Soto Lamongan”

  1. maksih ……. …… ….. … ..makasih …..

  2. biasanya ada tambahan bumbu seperti krupuk udang yang dihaluskan gimana tuh?

  3. gimana dengan bumbu sperti krupuk udang yang ditumbuk tuh?
    cara buatnya

  4. bahkan yang saya temui ,bukan krupuk yang dihaluskan malahan kelapa parut disangrai (srundeng) yang dihaluskan lalu ditaburkan pada racikan yang siap saji …sedaappp lho !!!!

  5. emang ndak pake santan ya?

  6. bahan koya tuh gampang banget kok
    kerupung udang ama bawang putih goreng ditumbuk jadi satu dah jadi deh koyanya

  7. Gak pake bubuk cengkeh ya? Ada yg pake juga lho. Mungkin gak pengaruh ya?

  8. Ada satu bumbu penting yang lupa ditulis dalam resep soto di atas. DAUN JERUK PURUT. penting banget nih, soalnya ga sedap kalau ga pakai daun jeruk.

  9. Mau lebih sedap?
    Kuah: + udang rebus (sama kulitnya)diblend. Taburi: krupuk udang+bawang putih goreng yang digerus bareng.
    selamat masak soto lamongan

  10. biasanya kok ada yang pake seledri….

  11. thanks so much….

    hatur nuhun….

  12. akhirnya nemu juga…

    makasih…

    salam kenal

  13. akhirnya nemu juga…

    makasih…

    salam kenal

  14. beda ga sih soto lamongan sama soto madura..?

    salam dari orang lamongan

    info website orang lamongan

    • jelas beda klo soto madura pakai daging sapi klo soto lamongan pakai ayam kampung.bumbunya juga ada beda dikit yaitu klo soto daging pakai meniran alias beras di halusin lalu dicampurin ke kuahnya.klo soto lamongan pakai poya alias krupuk dan bawang putih goreng terus dihaluskan.kemudian ditaburkan diatas kuah sebelum dihidangkan

  15. saya pernah dibilangi sama penjual soto lamongan katanya biar kuah lebih enak selain di kasih kerupuk udang di gerus bareng katanya kuasnya di campuri ikan bandeng betul gak shi….maturnuwun.

  16. saya pernah dibilangi sama penjual soto lamongan katanya biar kuah lebih enak selain di kasih kerupuk udang di gerus bareng katanya kuasnya di campuri ikan bandeng betul gak shi….maturnuwun.

  17. wah resepnya banyak sekali, tapi tulisannya kurang jelas

  18. wah resepnya banyak sekali, tapi tulisannya kurang jelas

  19. Gmn kalo bahan ayam kampungnya diganti dengan daging sapi ? apa harus merubah bumbu-bumbunya ?

  20. Gmn kalo bahan ayam kampungnya diganti dengan daging sapi ? apa harus merubah bumbu-bumbunya ?

  21. thank’s ya, akan ku coba, aq cowok yg suka masak, dan pnggemar soto2 nusantaram

  22. thank’s ya, akan ku coba, aq cowok yg suka masak, dan pnggemar soto2 nusantaram

  23. Gue mau buka warung soto, makasih atas resep soto lamongannya. Hatur nuhun juga atas komen-komen yang berisi saran untuk menambah sedap sotonya.

  24. Gue mau buka warung soto, makasih atas resep soto lamongannya. Hatur nuhun juga atas komen-komen yang berisi saran untuk menambah sedap sotonya.

  25. saya dapat tugas, bagaimana cara mengelola bisnis/usaha warung soto sehingga menjadi maju dan berkembang..bagaimana memanage nya mulai dari perencanaan,pengorganisasian,pengelolaan,pemasaran dan implementai evaluasi….tolong ya? bisa di post via e-mail ato website saya diatas. thanks

  26. saya dapat tugas, bagaimana cara mengelola bisnis/usaha warung soto sehingga menjadi maju dan berkembang..bagaimana memanage nya mulai dari perencanaan,pengorganisasian,pengelolaan,pemasaran dan implementai evaluasi….tolong ya? bisa di post via e-mail ato website saya diatas. thanks

  27. wah……blm pernah coba nih, pasti maknyos rasanyah…..,,

  28. Gmn caranya jualan bisa rame,bilang orang sih masakanku enak,aku udh 10 th buka warung,bilang orang aku baru buka posing aku

  29. Gmn caranya jualan bisa rame,bilang orang sih masakanku enak,aku udh 10 th buka warung,bilang orang aku baru buka posing aku

  30. bagi anda yg sedang mencari tempat usaha khusus untuk membuka depot soto lamongan kebetulan saya mengontrakkan tempat untuk depot soto lamongan.

  31. teman teman ada yg tau ga alamat penjual soto lamongan terkenal dan enak di kota lamongan?? kalo ada yg tau aku minta alamat jelasnya ya? kalo ada nopenya…. makasih…

  32. teman teman ada yg tau ga alamat penjual soto lamongan terkenal dan enak di kota lamongan?? kalo ada yg tau aku minta alamat jelasnya ya? kalo ada nopenya…. makasih…

Leave a Reply

