Nasi Krawu Gresik

Bahan :
500 gr daging sapi, potong2 melebar setebal 1cm searah serat
500 ml air (tambah secukupnya kalo tanpa panci presto)
1 sdt garam
2 lembar daun salam
1 batang serai, digeprak
200 ml santan kental
¼ butir kelapa setengah tua, parut memanjang untuk poyah coklatnya
3 lembar daun jeruk purut

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas (asumsi diameter sekitar 2 cm)
3 cm kunyit (asumsi diameter sekitar 1.5 cm)
1 sdm ketumbar
5 butir kemiri
1/3 sdt asam jawa
2 sdm gula merah
1½ sdt garam / sesuai selera

Pelengkap :
Nasi putih anget
Poyah Kelapa Kuning (bisa juga poyah coklatnya aja)
Sambel terasi

Cara olah :
– Masukin potongan daging, air, garam, bumbu halus, daun salam dan sereh ke dalam panci presto. Proses selama 15 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan dan diamkan hingga tekanannya habis.
– Masak sampai air menyusut, bumbu meresap dan daging tambah empuk.
– tuang santan kental, Masak dengan api kecil dan tutup terbuka sambil sesekali diaduk sampai kuah mulei menyusut (jangan kuatir kalo dagingnya jadi koyak2, inilah ciri khasnya Krawu Gresik).
– Tiriskan dagingnya, sisihkan. Sisa kuahnya di campur dengan parutan kelapa setengah tua.
– Taruh parutan kelapa di wajan, tambahkan daun jeruk yang di suwir, Sangrai sambil di aduk2 sampe rata dan meresap, dan kering. Matikan api. Buang daun jeruknya.
– Daging di goreng dalam minyak banyak, jangan terlalu kering.
– Siap disajikan dengan pelengkapnya.

22 Responses to “Nasi Krawu Gresik”

  1. berarti nasi krawu ngga pake sayur sayuran yaaa? hmmm… tambahin aja lalapan kayak timun, tomat, kmangi..pasti tambah maknyosss deh …

  2. berarti nasi krawu ngga pake sayur sayuran yaaa? hmmm… tambahin aja lalapan kayak timun, tomat, kmangi..pasti tambah maknyosss deh …

  3. Waduh, kalo nasi krawu pake sayuran malah gak karuan rasanya, yang enak ya yang orisinil seperti itu.
    Masalah kolesterol ? Cuek dulu kalau mau makan nasi krawu. Kalau dipikirin ntar jadi ngga nikmat makannya.

  4. Waduh, kalo nasi krawu pake sayuran malah gak karuan rasanya, yang enak ya yang orisinil seperti itu.
    Masalah kolesterol ? Cuek dulu kalau mau makan nasi krawu. Kalau dipikirin ntar jadi ngga nikmat makannya.

  5. nasi krawu is uenak……………………………………………
    my favorite after nasi pecel………………………………….

  6. hihiii.. setuju dgn jules…
    nasi krawu tuh enak gilaaaa!!! sayang kalo beli di pinggir jalan,, dagingnya dikit banget,, nasinya doank yg banyak…. hhhhuhhh,,,

  7. hihiii.. setuju dgn jules…
    nasi krawu tuh enak gilaaaa!!! sayang kalo beli di pinggir jalan,, dagingnya dikit banget,, nasinya doank yg banyak…. hhhhuhhh,,,

  8. hmmm…jd pengen nyobain *terbayang-bayang*

  9. Assalamu’ alaikum Wr. Wb.

    Joss . . . nasi krawu memang makanan khas dari kota kecil nan indah, yaitu Gresik. Sekalian promosi karena saya berasal dari kota tersebut. Buat berwisata religi dan makan nasi krawu pasti JOSSS.
    Tp perlu diketahui jg bukan hanya nasi krawu yg jd makanan khas Gresik, ada PUDAK, OTAK – OTAK. dll (buanyak soale dan saya ga hafal karena banyaknya, he he).
    Ada kerajinan tangan yang khas dari Gresik jg, yakni DAMAR KURUNG, jd akan lebih bagus dan baik kalo beli Damar Kurung langsung dari Gresik, karena disini memang aslinya.

    He he, saya promosi dikit yaw . . .
    Karena saya bangga jadi orang Indonesia dan lahir di kota Gresik.

    Salam, Peace out, Wassalam’ alaikum Wr. Wb.

    Regards

    UKI

  10. halo… ini kan resepku yg kuposting di blogku, dapurgue.blogspot.com tau2 ada disini dan TANPA IJIN SERTA TIDAK MENCANTUMKAN SUMBERNYA. jangan asal copas dong, bikin resepnya susah krn aku perlu waktu utk experimen TANPA NYONTEK. bole2 aja copas tp dg etika dong! silakan hubunGi gue u/ klarifikasi atau gue umumin masalah ini ke semua milis2 & forum2

  11. halo… ini kan resepku yg kuposting di blogku, dapurgue.blogspot.com tau2 ada disini dan TANPA IJIN SERTA TIDAK MENCANTUMKAN SUMBERNYA. jangan asal copas dong, bikin resepnya susah krn aku perlu waktu utk experimen TANPA NYONTEK. bole2 aja copas tp dg etika dong! silakan hubunGi gue u/ klarifikasi atau gue umumin masalah ini ke semua milis2 & forum-forum

  12. thanks untuk resepnya

  13. untuk makanan yang satu ini yang sangat terkenaldi kota gresik sangat enak sekali looohhhh,,,,,

  14. untuk makanan yang satu ini yang sangat terkenaldi kota gresik sangat enak sekali looohhhh,,,,,

  15. gambarnya sekalian di publikasikan donk!!!!!!!! kamsia

  16. Maklum lagi di pertantauan , Boleh Juga neh di coba pasti kangen akan kampung halaman akan terobati

  17. Maklum lagi di pertantauan , Boleh Juga neh di coba pasti kangen akan kampung halaman akan terobati

  18. Ini baru resep mutakhir tradisional

  19. Bisa di coba untuk resep mendaki gunung , semoga bule-bule suka

  20. kelihatannya maknyus ya resep2 nya
    bisa d coba tuch😉

  21. kelihatannya maknyus ya resep2 nya
    bisa d coba tuch😉

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: