Nasi Liwet Solo

Bahan :
NASI GURIH
Bahan:
1 btg sereh, dimemarkan
2 sdt garam
4 lbr daun salam
400 gr beras
800 ml santan

OPOR AYAM :
1 ekor ayam kampung di potong 4
4 butir telur bebek di rebus, kupas kulitnya (bisa pake telur pindang
juga)
2 pasang ampela ati rebus (ampela sudah empuk)
beberapa butir uritan (telur muda)
minyak goreng untuk menumis
2 liter santan dari 1 butir kelapa (kental dan encer campur jadi satu)

Bumbu halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
garam

Bumbu lain:
2 potong lengkuas
4 lembar daun salam

Cara olah :
NASI GURIH
1. Beras dicuci bersih.
2. Santan, garam, sereh dan daun salam dicampur kemudian direbus sampai mendidih, sesudah mendidih masukkan beras sambil diaduk hingga santan kering, angkat, diamkan sebentar lalu kukus sampai matang, angkat.

cara:
tumis bumbu halus dan bumbu lain dengan sedikit minyak sampai harum,
masukkan ayam, telur rebus dan ampela ati, tambahkan santan, masak
sambil di aduk2
agar santan tidak pecah, sampai ayam matang dan empuk
pisahkan santan dan isinya. (ayam dan lain2nya biarkan kering tanpa
kuah)
ampela ati di potong2, di tusuki dengan tusuk sate
uritan di tusuki dengan tusuk sate.
nanti hasil tusukan ini di celup di kumut
ayam di suwir2
kuah opor : pisahkan yang kental dengan yang bening, sisihkan

SAMBAL GORENG LABU SIAM
2 buah labu siam iris seperti korek api, rendam sebentar dengan air
kapur sirih, tiriskan
3 sendok makan cabe giling
2 iris lengkuas
2 lembar daun salam
1 sendok makan minyak
1 st gula pengganti Vetsin
segenggam cabe rawit (bila suka pedas)

cara:
tumis cabe giling+ lengkuas dan daun salam dengan sedikit minyak
sampai
harum. tambahkan kuah opor bening (daur ulang bekas opor ayam),
masukkan cabe rawit utuh. tambahkan gula pasir 1 st, masukkan labu
siam,
masak sampai labu matang.
jika perlu, tambahkan garam (biasanya gak perlu, karena saat masak
opor ayam
sudah cukup asin)

KUMUT
150 cc santan kental (daur ulang bekas opor biar ada gurihnya ayam)
2 putih telur kocok sampai kaku kayak bikin puding busa.

cara:
didihkan santan, masukkan telur putih, sambil tetap diatas api kecil,
diaduk
secukupnya, asal busa telur menggumpal dan matang.

TELUR DADAR TIM/KUKUS
150 cc santan kental bekas opor (atau sisanya)
campur dengan 4 butir telur+2 kuning telur sisa kumut
aduk sampai bercampur rata. Tambahkan garam bila perlu.
Buat takir dari daun pisang, tuang telur, kukus hingga matang.

Cara Penyajian :
Sepincuk nasi (pincuk = tatakan makan dari daun pisang)
atasnya di kasi sesendok sayur sambal goreng labu siam plus sedikit
kuahnya
Taruh ayam opor suwir, telur opor yang di belah
Taruh satu-dua sendok makan telur dadar tim
atasnya di kasi sesendok kumut.
Makan dengan suru (sendok dari daun pisang).

20 Comments to “Nasi Liwet Solo”

  1. mohon resep dari tahu ketupat atau tahu gimbal atau tahu guling ala solo.. termkasih.

  2. ada satu lagi, tahu acar khas solo..

  3. ada satu lagi, tahu acar khas solo..

  4. nasi liwet disini adalah nasi liwet “ider” (mobile) yang digendong mbok-2 keliling kampung atau nongkrong di sudut-2 kota solo. kalau malam ada di keprabon solo, soal harga lebih murah yg ider dan rasa lebih eksotis.. harga cuma 5000-7500 sudah lumayan, tapi kalo di PIM jakarta harganya kok bisaa 35.000 sepincuk… wah mewah sekali ya disini..

  5. ada nasi liwet yang lebih high profile, yaitu nasi liwet sambal goreng ati, biasanya untuk acara kendurian atau acara kawinan yang diserve dengan ketimun iris, ayam goreng/opor potongan tidak disuwir dengan kerupuk udang.

  6. jadi inget kampung halaman. makeeeee tunggu andi pulang buatin nasi liwet ya.

  7. jadi inget kampung halaman. makeeeee tunggu andi pulang buatin nasi liwet ya.

  8. Aku di Pontianak tapi emakku jago mbuat tahu acar lho… Enak! MAK NYUSSS!!!

  9. mas/mbak aku jauh di suriname rindu sekali ama serabi solo mohon dng hormat kirimi resepnya doooong, thanks.

  10. kenapa namanya liwet ya ?

  11. Makasih resepnya yah,,pengen nyoba masak nie..

    Dah lama gak pulang Solo…,,,

  12. Bang Thoyib udah 2 tahun gak ketemu bapak ibu di solo

    Dadi pengen mulih, tuku sego liwet neng pasar legi

  13. Solo oh solo kota nan indah penuh kenangan….ceile…makasih ya resepnya meski skrg sy hidup di batam tp kuliner solo paling TOP BGT…

  14. dulu jaman aku masih kecil pernah diajak kepasar ayu yang letaknya sebelah kiri dari stasiun balapan solo dipasar itu seingatku banyak yang jualan nasi liwet biasanya warung itu mulai buka sore hari . Tapi beberapa bulan lalu kok gak ada lagi yang jualan nasi liwet itu.Kemana ya…….. pindahnya .

  15. Hmm.. nasi liwet emang paling ngangenin.. gak ada nasi liwet (baca; segoliwet) yg seenak aselinya di Solo.. Pertigaan Pasar Jongke, Keprabon, depan stasiun Purwosari.. atau pagi2 yg sering lewat depan rumah..

  16. Hmm.. nasi liwet emang paling ngangenin.. gak ada nasi liwet (baca; segoliwet) yg seenak aselinya di Solo.. Pertigaan Pasar Jongke, Keprabon, depan stasiun Purwosari.. atau pagi2 yg sering lewat depan rumah..

  17. inget dulu mo senin subuh brgkt kuliah ke jogya pasti sarapan nasi liwet sambil nunggu bus. kenangan y tak terlupa…… ga bisa mudik ya masak sendiri…. matur nuwun resepnya…

  18. wah resepnya mantab…🙂
    jadi pengen nyoba nie…

  19. wah resepnya mantab…🙂
    jadi pengen nyoba nie…

  20. ga perlu jauh2 ke solo makan nasi liwet…maturnuwun resepnya,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: