SOTO AYAM AMBENGAN

Bahan :
1 ekor ayam
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
1.5 liter air
2 sdt garam
50 gram udang, goreng, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan

Bumbu haluskan :
6 siung bawang putih
2 cm kunyit
1/2 sdt lengkuas bubuk
1 cm jahe
2 sdt merica bubuk
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
200 gram soun, seduh air mendidih, tiriskan
3 batang daun bawang
3 batang daun seledri
5 butir telor, rebus, potong-potong membujur
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit
Kecap manis sesuai selera
Poyah

Sambal haluskan :
15 cabe rawit, rebus
Garam secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya

Cara membuat :
1. Ayam direbus bersama dengan serai, daun jeruk, dan garam hingga lunak.
2. Tiriskan ayam, goreng hingga kecoklatan lalu suwir-suwir.
3. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ke dalam kaldu.
4. Tumis bawang merah halus sebentar lalu campur dengan udang sampai harum, masukkan ke dalam kuah.
5. Sajikan soto dengan cara: taruh daging ayam, soun, daun-daunan, telor, ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah. Beri perasan jeruk nipis. Taburi dengan bawang goreng dan poyah.

Cara membuat poyah :
Krupuk udang dicampur dengan bawang putih goreng, lalu dihaluskan dan ditambah dengan sedikit garam dan gula serta bumbu penyedap secukupnya.

11 Comments to “SOTO AYAM AMBENGAN”

  1. Wah, resep ini sudah saya cari sejak lama. Eeeh ketemu juga akhirnya di situs ini. Thanks ya. Saatnya praktek dulu…🙂

  2. Perlu nggak di tambah udah goreng yang dihaluskan untuk kuahnya ?

  3. dari daerah mana nih resep ?

  4. Sebenarnya nama Ambengan itu jln. Ambengan letaknya di Surabaya. Karena yg jualan itu sudah lama dan terkenal mereka gampang penyebutannya. Orang Sby itu suka makan enak. Kalu kita tanya beli di mana soto tsb. Di Ambengan Sampai kini namanya soto Ambengan biar mudah mencarinya.

    Tapi di emperan atau kaki lima di Surabaya, semua soto Ayam ya begitu. Kecuali kalu gak ada poyah itu biasanya dari daerah lain.

  5. terimakasih resepnya, saya tinggal di amerika tengah, susah cari lengkuas, alhasil ganti dengan oregano (sedikit saja), ternyata tetep enak.. cuma gak bisa buat poyah, gak ada kerupuk udang disini. kalo ada yang tahu cara bikin kerupuk udang or kerupuk merah, kabarin yah..

  6. wah sis,enak lho hasilnya. Pas ada acara keluarga mreka suka,alhasil tiap ada acara yg ditanya soto ayam buatanku. Hihi. Thx ya!

  7. sepertinya masih ada yg kurang……..soalnya aku coba masih blm mantap………

  8. sepertinya masih ada yg kurang……soalnya aku coba masih belum mantap………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

SOTO AYAM AMBENGAN

Bahan :
1 ekor ayam
2 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk purut
1.5 liter air
2 sdt garam
50 gram udang, goreng, haluskan
2 siung bawang merah, haluskan

Bumbu haluskan :
6 siung bawang putih
2 cm kunyit
1/2 sdt lengkuas bubuk
1 cm jahe
2 sdt merica bubuk
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
200 gram soun, seduh air mendidih, tiriskan
3 batang daun bawang
3 batang daun seledri
5 butir telor, rebus, potong-potong membujur
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal cabe rawit
Kecap manis sesuai selera
Poyah

Sambal haluskan :
15 cabe rawit, rebus
Garam secukupnya
Bumbu penyedap secukupnya

Cara membuat :
1. Ayam direbus bersama dengan serai, daun jeruk, dan garam hingga lunak.
2. Tiriskan ayam, goreng hingga kecoklatan lalu suwir-suwir.
3. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ke dalam kaldu.
4. Tumis bawang merah halus sebentar lalu campur dengan udang sampai harum, masukkan ke dalam kuah.
5. Sajikan soto dengan cara: taruh daging ayam, soun, daun-daunan, telor, ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah. Beri perasan jeruk nipis. Taburi dengan bawang goreng dan poyah.

Cara membuat poyah :
Krupuk udang dicampur dengan bawang putih goreng, lalu dihaluskan dan ditambah dengan sedikit garam dan gula serta bumbu penyedap secukupnya.

11 Comments to “SOTO AYAM AMBENGAN”

  1. Wah, resep ini sudah saya cari sejak lama. Eeeh ketemu juga akhirnya di situs ini. Thanks ya. Saatnya praktek dulu…🙂

  2. Perlu nggak di tambah udah goreng yang dihaluskan untuk kuahnya ?

  3. dari daerah mana nih resep ?

  4. Sebenarnya nama Ambengan itu jln. Ambengan letaknya di Surabaya. Karena yg jualan itu sudah lama dan terkenal mereka gampang penyebutannya. Orang Sby itu suka makan enak. Kalu kita tanya beli di mana soto tsb. Di Ambengan Sampai kini namanya soto Ambengan biar mudah mencarinya.

    Tapi di emperan atau kaki lima di Surabaya, semua soto Ayam ya begitu. Kecuali kalu gak ada poyah itu biasanya dari daerah lain.

  5. terimakasih resepnya, saya tinggal di amerika tengah, susah cari lengkuas, alhasil ganti dengan oregano (sedikit saja), ternyata tetep enak.. cuma gak bisa buat poyah, gak ada kerupuk udang disini. kalo ada yang tahu cara bikin kerupuk udang or kerupuk merah, kabarin yah..

  6. wah sis,enak lho hasilnya. Pas ada acara keluarga mreka suka,alhasil tiap ada acara yg ditanya soto ayam buatanku. Hihi. Thx ya!

  7. sepertinya masih ada yg kurang……..soalnya aku coba masih blm mantap………

  8. sepertinya masih ada yg kurang……soalnya aku coba masih belum mantap………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: