Sambal Dabu-dabu Lilang (Manado)

Bahan :

10 buah cabai merah

6 siung bawang merah

8 lembar kemangi

2 buah cabai hijau

2 buah tomat

2 buah jeruk nipis, iris dadu

1/2 sdt garam

1 sdm air jeruk nipis

 

Cara Membuat :

Campur irisan bahan dengan garam dan air jeruk nipis, aduk hingga rata

Hidangkan sambal sebagai pendamping ikan panggang/bakar.

23 Comments to “Sambal Dabu-dabu Lilang (Manado)”

  1. yang ngasi resep kayaknya boong…dabu-dabu lilang ndak pake kemangi,ama jeruk nipis di dadu2 tau…jeruknya cuman di peres aja.lain kali kalo ngasi resep yg betul dong.

  2. yang ngasi resep kayaknya boong…dabu-dabu lilang ndak pake kemangi,ama jeruk nipis di dadu2 tau…jeruknya cuman di peres aja.lain kali kalo ngasi resep yg betul dong.

  3. Aku asli orang Jawa, krn sering kumpul-kumpul dengan orang Manado, jadi deh… kesengsem masakannya karena memang uenakk tenan…

  4. Aku asli orang Jawa, krn sering kumpul-kumpul dengan orang Manado, jadi deh… kesengsem masakannya karena memang uenakk tenan…

  5. paling bagus tambain minyak sayur biar pedasnya ga terlalu berasa,,,,,,,,,,,ok.klu salah.komentar????

  6. paling bagus tambain minyak sayur biar pedasnya ga terlalu berasa,,,,,,,,,,,ok.klu salah.komentar????

  7. sambal dabudabu tidak pakai kemangi dan jeruk manado diperas, kalau resep yang pakai kemangi dan jeruk dipotong dadu2 itu sambal asal kupang NTT

  8. sambal dabudabu tidak pakai kemangi dan jeruk manado diperas, kalau resep yang pakai kemangi dan jeruk dipotong dadu2 itu sambal asal kupang NTT

  9. Resep dabu lilang tdk perlu dikomentari terlalu panjang karna penemunya tdk ada yg tau. cuman lebih enak lagi kalau pakai minyak jelantah dan terasi udang

  10. masakanya kurang banyak………

    Ada yg LAen k ???????????

  11. q mw masakan org daYAK jg…………….

    plissssssssss…….

    q mw rasain mskan org dayak MODERN

    ………………………………
    …………………………….
    ………………………………………
    !!!!!!!!!!!!!!!!@##%&%%

  12. hmm —- mantap … kita suka sekali deng masakan amanado .. pas banget di lidah …
    pokoknya soal masakan manado kita rajanya …
    dan untuk dabu dabunya .. kemangi mah masalah selera aja tambahan aja kok .. …

  13. Enak dan sedap sekali😀

    Resepnya sama link ke twitter @goorme ya😀

  14. salah besar kalo dabu2 pake kemangi & jeruk di iris dadu…….

  15. Dabu-dabu Lilang a/ salah satu sambal khas dari Manado..kenapa disebut dengan dabu-dabu Lilang karena rempah-rempah untuk sambalnya dipotong dengan Lilang ato bahasa Indonesianya Pisau besar u/ berkebun…

    dipotong suka-suka (tak beraturan) dengan guyuran jeruk nipis…

    gak salah juga sih kalo pake irisan daun kemangi… suka-suka lah

    sluuurrrppp

  16. Dabu-dabu Lilang a/ salah satu sambal khas dari Manado..kenapa disebut dengan dabu-dabu Lilang karena rempah-rempah untuk sambalnya dipotong dengan Lilang ato bahasa Indonesianya Pisau besar u/ berkebun…

    dipotong suka-suka (tak beraturan) dengan guyuran jeruk nipis…

    gak salah juga sih kalo pake irisan daun kemangi… suka-suka lah

    sluuurrrppp

  17. Saya orang Manado,, Resep Yang Benar hanya sederhana

    1. 50 cabai merah (rawit) + 5 buah cabai Hijau
    2. Batang bawang 3 batang
    3. Bawang Merah 1 siung
    4. 5 buah Tomat
    5. Garam Secukupnya

    kemudian dimakan dengan Tinutuan (bubur Manado) + Mujair Bakar + Ubi rebus.

    setelah itu makan nasi putih + daging Kucing atau tikus. KOMPLIT

  18. Ngerinya orang manado. segala2 dimakan, ntar kl kucing ama tikusnya berantem dlm perut gimana?

  19. aq jg suka makanan manado,,pa lg dabu-dabu n rica2 mantap kli,,tapi klo kucing deng tikus,,gk donyan bgt heeeee

  20. sambal muantab.. nyobain ah…

  21. emang seddap masakan khas manado bikin kt yg makan selalu bekeringat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: