Kerak Telur (Betawi)

Bahan :
100 gr beras ketan putih, dicuci bersih dan direndam dengan air kurang lebih 2 jam
4 butir telur bebek
4 sdm bawang goreng
4 sdm serundeng
4 buah cabai rawit, iris halus
2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir
4 sdm ebi bubuk

Cara membuat :
Panaskan penggorengan kerak telur hingga cukup panas.
Masukkan satu sendok makan sayur ketan yang sudah direndam beserta airnya (sekitar 50 gr), tutup dan masak kurang lebih 2 – 3 menit.
Buka tutupnya, kemudian beri 2 butir telur, 2 sdm bawang goreng, 2 sdm serundeng, 2 sdm ebi, 2 buah cabai rawit, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk dan 1/2 sdt gula pasir, aduk rata.
Ratakan disisi penggorengan kurang lebih berdiameter 20 cm, tutup dan masak kembali hingga harum
Balik penggorengan kerak telur hingga terjilat api dan permukaan atas harum terbakar.
Lalukan cara yang sama untuk bikin kerak telur yang berikutnya. Sajikan.

Untuk 2 porsi.

30 Comments to “Kerak Telur (Betawi)”

  1. salam kenal dari rujaguleg, numpang donload, ya

  2. bolehkan sy link ? kalau boleh terima kasih banget…..

  3. bolehkan sy link ? kalau boleh terima kasih banget…..

  4. Saya udah coba n’ enak banget loh:-) serasa bernostalgia ke masa kecil aku nginep di rumah nenek trus dikasih makannya pake kerak telor tapi ketannya dibanyakin,biar kenyang katanya.thanks yah

  5. waduh,,aq juga repot bgd. .

    ada tugas dari sekolah buat neliti makanan tradisional khas betawi ini. .

    sumpah enak!!!

  6. numpang copy ya bu…

  7. numpang copy ya bu…

  8. boleh copy ya buuuuuuuuuu

  9. waaah kerak telooooorrrr….. jadi pengen… Ke PRJ aaah.πŸ™‚

  10. wahh.. kbetulan nih lagi ada tugas skul buat nyari serba-serbi kerak telor.. makasih yaa..πŸ˜€

  11. wahh.. kbetulan nih lagi ada tugas skul buat nyari serba-serbi kerak telor.. makasih yaa..πŸ˜€

  12. thank you, I will try it. I like it very much when I was kid.

  13. enaknya makan di PRJ, kapan yaaaaaa??? Bikin sendiri ,bisa gagal..

  14. Belom dicoba sih, tapi kayaknya enak n gampang.
    ada tugas sekolah demonstrasi masakan betawi nih

  15. thanks yach atas resep yah nanti bakal aku coba

    doin ya hasilnya bisa uenak seperti aku makan
    maren

  16. kq g9 da gmbr’a ciii…

  17. kerak telor wenakkkkkkk,,,,,,

  18. mantaaaaaaaaa…….pp gan…

  19. mantaaaaaaaaa…….pp gan…

  20. enak,enak,enak /sedap,sedap,sedap. : ) ^_^

  21. aku pengen banget makan kerak telor..tapai katanya cuma ada setahun sekali…jadi gimana nih…cacing2 di perutku udah mulai kelaperan

  22. Kerak telor ini bikin anak saya penasaran. Sementara di Bali belum ketemu sama makanan ini. Jadi, iseng-iseng cari di internet. Boleh dicopy resepnya untuk dicoba ya? Kalo sudah jadi, nanti di-komen lagi. Tks…..

  23. mantap……………………..
    thank’s for all…………………

  24. mantap……………………..
    thank’s for all…………………

  25. kerak telur asli betawie memang uuuwwwweeennnaaakkkk

  26. aku mo nyobain! gimana sih rasanya? aaaaaaa…… ><

  27. kerak telor eank ngga sih? mau nyba nih … heheheπŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: