Ketupat Ketan Janur

Bahan-bahan :

16 selongsong/bungkus ketupat, anyaman harus rapat agar hasil ketupat bersih tidak ada noda garis-garis coklat/merah
1000 gr beras ketan, cuci hingga benar-benar bersih, rendam selama 2 jam, kemudian tiriskan
11 lt air bersih
2 sdm garam
2 lt santan

Cara Membuat :

Masukkan beras ketan ke dalam selongsong hingga 75%.
Rebus santan, air dan garam sampai mendidih.
Masukkan ketupat hingga terendam, rebus selama 6 jam.
Angkat, tiriskan dengan jalan digantung atau diletakkan di atas saringan anyaman bambu.
Selama perebusan, jika air menyusut, tambahkan air yang sudah mendidih bukan air dingin. Jaga agar semua ketupat terus terendam air yang mendidih.

5 Comments to “Ketupat Ketan Janur”

  1. jadi juga gw belajar buat tupat, coba ahhh, dimana yah ada jual kulitnya, abis gw gak iso bikinnya🙂

  2. Di kampung saya, namanya lepet…janurnya tak dibentuk seperti ketupat, tetapi memanjang, mirip lontong.

  3. Tolong cara membuat bungkus ketupatnya yang persegi. Terima kasih.

  4. aku bisa bikin ketupat yang persegi..
    diajarin waktu masih SD sama nenek..
    susah deh kalo diterangkan dengan kata kata cara bikinnya..
    musti liat langsung..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: