Mi Ongklok (Wonosobo)

Bahan :
750 ml kaldu daging
3 sendok makan tepung kanji
3 sendok makan kecap manis
300 gram mi basah
100 gram kol, iris kasar
10 pohon kucai, iris halus
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan kaldu lalu kentalkan dengan air sagu. Biarkan mendidih. Angkat.
Masukkan mi dan kol dalam saringan lalu rebus sambil diongklok atau dikocok sampai matang.
Masukkan mi dan kol ke dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Taburkan kucai. Sajikan panas.

untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

14 Comments to “Mi Ongklok (Wonosobo)”

  1. mie ongklok tidak enakkkk…… bikin muntah

  2. enak ding….

  3. Enak kok…apalagi yang rasa….apa ya..??
    oh ya rasa..ah mbayar…euenak tenan kuwi….

  4. uenak kok,..makan nya pake sate. makanan khas wonosobo lho…

  5. pake kaldunya bukan kaldu ayam ya??
    trus bumbunya apakah cuma itu?? saya pikir ada rempah2 lain…seperti yg saya coba di wonosobo

  6. Yang pasti enak banget bikin kangen sama rumah…. apalagi kalo jauh gini di Pontianak, tiap pulang pasti nyempetin beli mie ongklok, dan sate yang khas wonosobo….. yang ga suka kayaknya Rugi dech

  7. makacih buat referensi resepnya…
    tak pakai untuk lomba maskan tradisional tk nasional di jkt tgl 28 okt. besuk
    salam sukses
    trisila

  8. sebagai perbandingan resep asli yang sdh saya punya…kali aja bisa di padukan biar tuambah uenak ..

  9. mie ongklok….enak rek…

  10. wuah,omongin mie ongklok WSB,
    bkin aku ketagihan pulang ki?
    apa lagi klo uda du2k antri ma sobat aku mienya dateng uyssss,,,wah…..
    bru aj suguhpesan atuh lg mase,,,,,,,,,
    ak twar jg sobat mau sabrapa kamu?
    manut,iji,loro/telu!
    iji maneng bae-bae aja Bos.
    kocak mie nya atu,busyeeeet bukan ak nie yang ketagihan kamu libih parah lg,wuaduh blandare bangkrut yae?
    bgto santap2 huufffft,dua kli lalap dalam tenggakan atu porsi bro>
    weleh-weleh emang emak nyoooooos?
    kbar waktu lebaran o9
    lokasi alternatif nglongkrang?

  11. wah yg namanya mie onklok itu mak nyus bgt…gara2 pingin makan mie ogklok tak bela2in balik jkt lewat selatan..krn dah kangen buangeeet…dah lama cari2 resep eh baru nemu…cuma sayang ya kenapa dijkt gak ada yg jual….hidup mie ongklok…lebay mode on*

  12. Saya sekali ke Wonosobo, dan waktu jalan2 dekat hotel tempat saya menginap ada orang jualan mie ongklok, saya coba makan sama anak saya, eh ternyata rasanya eunaaak tenan, cocok di lidah saya dan anak saya . Dan puasa-puasa gini saya kangen pingin mie ongklok, untung ada resep ini boleh saya coba ah, next time insyaallah saya sambangi mie ongklok yang asli di wonosobo yang rasanya mak nyuss.

  13. mantap kwe ongklok enak….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: