Soto Grombyang (Pemalang)

Bahan:
500 gram daging sandung lamur, dipotong kotak2 cm
50 gram kelapa setengah tua, dikupas lalu diparut kasar
3 sendok makan taoco
2 lembar daun salam
3 batang serai, dimemarkan
1500 ml
5 sendok makan bawang goreng

Bumbu halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah kluwek diambil dagingnya
1 sendok makan + 2 sendok teh garam
3 sendok teh gula merah

Cara membuat :
1. Sangrai kelapa parut hingga kecokelatan, sisihkan.
2. Rebus daging, taoco, daun salam, serai, kelapa sangrai, dan bumbu halus.
3. Masak sampai bumbu meresap dan daging lunak.
4. Sajikan dengan bawang goreng.

Untuk 6 porsi
Sumber : Sedap-sekejap.com

28 Comments to “Soto Grombyang (Pemalang)”

  1. Pokoke unek tenan mak nyuuusssss. lha soto Dekemnya mana BOSSS?

  2. Pokoke unek tenan mak nyuuusssss. lha soto Dekemnya mana BOSSS?

  3. Grombyang sangat khas Pemalang. Sulit ditemukan masakan seperti ini di kota lain. Bumbunya ga ada yang bisa membuat selain orang Pemalang. Pokoknya ga ada yang duanya. Pokoke mak nyuuuusss

  4. Grombyang sangat khas Pemalang. Sulit ditemukan masakan seperti ini di kota lain. Bumbunya ga ada yang bisa membuat selain orang Pemalang. Pokoknya ga ada yang duanya. Pokoke mak nyuuuusss

  5. Kapan nih resep nasi grombyang nya muncul….kata Nenek waktu tinggal di Pemalang, ueanaak banget. Apalagi pas lagi laper-lapernya. Aku jadi gak sabaran pingin tau. Ada gak resep tradisional nya nih… Makash yaa…Qqy tunggu loh…Resep Masakan Khas emang JEMPOLAN.

  6. Kapan nih resep nasi grombyang nya muncul….kata Nenek waktu tinggal di Pemalang, ueanaak banget. Apalagi pas lagi laper-lapernya. Aku jadi gak sabaran pingin tau. Ada gak resep tradisional nya nih… Makash yaa…Qqy tunggu loh…Resep Masakan Khas emang JEMPOLAN.

  7. selain nasi gronbayangnya yang khas,gue juga mau ngenalin tempat berwisata juga banyak salah satunya di pantai jaka tingkir atau pantai Nyamplung…….G kalah sama pantai widuri lho

  8. selain nasi gronbayangnya yang khas,gue juga mau ngenalin tempat berwisata juga banyak salah satunya di pantai jaka tingkir atau pantai Nyamplung…….G kalah sama pantai widuri lho

  9. Hey Guys kapan nich mau main lagi ke pemalang.mangnya ga kangen sama suasana dan enaknya makanan khas pemalang.atau gue kenalin resto yang nyaman dan makanannya uenak2,ada ……….
    kebon bamboe di comal tempatnya nyaman dan asri lho loe2 mesti nyabain dech pasti ketagihan.

  10. Hey Guys kapan nich mau main lagi ke pemalang.mangnya ga kangen sama suasana dan enaknya makanan khas pemalang.atau gue kenalin resto yang nyaman dan makanannya uenak2,ada ……….
    kebon bamboe di comal tempatnya nyaman dan asri lho loe2 mesti nyabain dech pasti ketagihan.

  11. wah…saya orang asli tegal yg uda merantau sejak lama. kangen sekali sama grombyang (kalau di Tegal jadi gombyang). Kapan2 saya coba buat sendiri deh…

  12. wah…saya orang asli tegal yg uda merantau sejak lama. kangen sekali sama grombyang (kalau di Tegal jadi gombyang). Kapan2 saya coba buat sendiri deh…

  13. emang ok banget grombnyang, aku asli banyumas tapi waktu aku main ke pemalang aku nyicipin masakan yang namanya grombyang itu wah ketagihan tenan pokoke mak nyossssssssssss….!

  14. emang ok banget grombnyang, aku asli banyumas tapi waktu aku main ke pemalang aku nyicipin masakan yang namanya grombyang itu wah ketagihan tenan pokoke mak nyossssssssssss….!

  15. pokoke mak nyuuss!
    ini resep sama seperti warung yang dekat alun-alun pemalang yah?

  16. grombyaNg pemalang emang top abiezzz…
    tiap pulaNg ke pemalang aku selalu nyempetin mampir bwt makan nasi grombyang ( di siranDu tepatnya).

    tHank”s bwT resepnya…
    jaDi bisa nyoba bwT grombyaNg sendiri…

  17. grombyaNg pemalang emang top abiezzz…
    tiap pulaNg ke pemalang aku selalu nyempetin mampir bwt makan nasi grombyang ( di siranDu tepatnya).

    tHank”s bwT resepnya…
    jaDi bisa nyoba bwT grombyaNg sendiri…

  18. enak seh rasanya tapi lebih enak lagi kalo dikasih tips cara pembuatanya. hub ke 08562561516

  19. ora ono sing enak sotone

  20. wwiiyyyy jadi kangen nehh pengen makan grombyang, ini salah satu fav yang selalu diburu kalo pas mudik kesono, abis itu makan gorengan deket alun-alun pulang2 naik becak kekenyangan mpe susah jalan hehehe…tengs ya resepnya

  21. wwiiyyyy jadi kangen nehh pengen makan grombyang, ini salah satu fav yang selalu diburu kalo pas mudik kesono, abis itu makan gorengan deket alun-alun pulang2 naik becak kekenyangan mpe susah jalan hehehe…tengs ya resepnya

  22. tolong kasih tahu dong kalau mau pesan ikan irisan tenggiri asap Pemalang kemana ya tlp nya,dpt kirim ke Jakarta nggak ya (kan ikan asap tahan) nanti ada ongkos kirimnya, aku tunggu,tks

  23. Pengen mengembangkan soto grombyang di Surabaya…bersaing dengan rawon tapi tetep 1 makanan khas Indonesia ko..

    dari mana mulainya ya???

  24. grombyang top markotop gromyange warso, tp ada tpt makan enak d pml namanya wts (warung tengah sawah) menune ikan bakar n lalapan letaknya di daerah jebed terus ke sekltan arah penngarit tempate enak dan luas, sing jelas rasane mak nyus makane di tengah sawah pokoke enak sung yakin rasane ajiib!!!!!!!!!!!!!

  25. grombyang top markotop gromyange warso, tp ada tpt makan enak d pml namanya wts (warung tengah sawah) menune ikan bakar n lalapan letaknya di daerah jebed terus ke sekltan arah penngarit tempate enak dan luas, sing jelas rasane mak nyus makane di tengah sawah pokoke enak sung yakin rasane ajiib!!!!!!!!!!!!!

  26. soto grombyang…..emm..yummy,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: