Palumara (Sulawesi Tengah)

Bahan :
500 gr ikan kakap (dipotong dadu)
500 cc air asam (5 buah asam masak)
1 sdk makan minyak kelapa
1 batang sereh
Dihaluskan :
5 buah cabe rawit
10 buah lombok keriting
1 ruas jahe
Garam secukupnya

Cara membuat :
Ikan kakap dibersihkan, masukkan ke dalam panci, masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dan air asam, minyak kelapa serta sereh.
Dimasak hingga mengental.
Siap disajikan…
Maknyusss.. !! : p

25 Comments to “Palumara (Sulawesi Tengah)”

  1. PalluMara bukan Palumara bukan masakan dari Sulawesi Tengah tapi merupakan masakan khas Makassar demikian juga dengan Utakkelo adalah Masakan orang Bugis semuanya dari Sulawesi Selatan. Sekedar koreksi ajha…di Sulawesi Tengah kebanyakan penduduknya dari Bugis dan Makassar sehingga masakan ini juga ditemukan disana.

    • Palumara bukan d’ Sulawesi za ada nya, tp di Kaltim jg ada, blang nya sie msakan Mandar yap????

    • bugis dan maksar memang bnyak di kota palu,sulawesi tenga.tapi kurang banget yg suka makan utakelo,apalgi cara buat palumara khasnya kaili.
      palumara memang bersal dari mana saja,tapi dengan beda” resep dan nama,kalu bungku bilang palumarah itu syur ikan kalu orang sumatra,,yach sayur sumatra..kalu bugis ngga tw juga y,,abis banyk bugis yg masih binggung cara buatnya..apalgi pake resepnya kaili…

  2. PalluMara bukan Palumara bukan masakan dari Sulawesi Tengah tapi merupakan masakan khas Makassar demikian juga dengan Utakkelo adalah Masakan orang Bugis semuanya dari Sulawesi Selatan. Sekedar koreksi ajha…di Sulawesi Tengah kebanyakan penduduknya dari Bugis dan Makassar sehingga masakan ini juga ditemukan disana.

    • Palumara bukan d’ Sulawesi za ada nya, tp di Kaltim jg ada, blang nya sie msakan Mandar yap????

    • bugis dan maksar memang bnyak di kota palu,sulawesi tenga.tapi kurang banget yg suka makan utakelo,apalgi cara buat palumara khasnya kaili.
      palumara memang bersal dari mana saja,tapi dengan beda” resep dan nama,kalu bungku bilang palumarah itu syur ikan kalu orang sumatra,,yach sayur sumatra..kalu bugis ngga tw juga y,,abis banyk bugis yg masih binggung cara buatnya..apalgi pake resepnya kaili…

  3. lawa taipa itu bukan masakan Sulawesi tengah tapi makanan orang palopo selatan ( Sulawesi selatan ).
    Itu makanan enak disajikan dengan kapurung dan BETE TUNU.
    Dau ka aku-aku mane. ( Jangan asal ngaku yah )

  4. lawa taipa itu bukan masakan Sulawesi tengah tapi makanan orang palopo selatan ( Sulawesi selatan ).
    Itu makanan enak disajikan dengan kapurung dan BETE TUNU.
    Dau ka aku-aku mane. ( Jangan asal ngaku yah )

  5. yg dari palu itu yah PALUMARA karena hurup L cuma satu, Kalau memakai L 2 itu baru dari Sulsel, kenapa dikatakan Palumara kerena masakan tersebut mempunyai rasa yg sangat pedas, makanya setelah orang selesai makan kelihatan, orang tersebut seperti habis marah sebab kepedesan dan mandi keringat.

  6. yg dari palu itu yah PALUMARA karena hurup L cuma satu, Kalau memakai L 2 itu baru dari Sulsel, kenapa dikatakan Palumara kerena masakan tersebut mempunyai rasa yg sangat pedas, makanya setelah orang selesai makan kelihatan, orang tersebut seperti habis marah sebab kepedesan dan mandi keringat.

  7. Bener, PALLUMARA bukan PALUMARA. Emang pedes tapi enaaaakkkkk.

  8. Bener, PALLUMARA bukan PALUMARA. Emang pedes tapi enaaaakkkkk.

  9. kalau di Makassar Pallumara tapi kalau di Sulawesi Tengah disebut Palumara, memang bumbunya hampir mirip🙂

  10. kalau di Makassar Pallumara tapi kalau di Sulawesi Tengah disebut Palumara, memang bumbunya hampir mirip🙂

  11. pelesetan gitu yak wakakakak….bisa aja ngelesnya :p

  12. pelesetan gitu yak wakakakak….bisa aja ngelesnya :p

  13. Wah enak banget kayaknya, perlu dicoba tuh

  14. Wah enak banget kayaknya, perlu dicoba tuh

  15. Maun dunk kirimi sampelnya, biar bisa dicipi…

  16. Maun dunk kirimi sampelnya, biar bisa dicipi…

  17. hhmmm palumara memang enak,,, apa lagi klw di makan ma nasi hangat,,wuw makin enak deh….

  18. hhmmm palumara memang enak,,, apa lagi klw di makan ma nasi hangat,,wuw makin enak deh….

  19. apakah gak pakai kunyit ?

  20. apakah gak pakai kunyit ?

  21. jangan debat asal-usul yang penting made in Indonesia soalnya saya orang jawa bisa juga kok buat pallumara tanpa membaca resep cukup saya rasa dan saya amati bahan yang ada dimangkuk (dipolewali waktu itu) besoknya buat langsung jadi ………. yang jelas gue suka banget ama tu barang dan sampe sekarang sering buat ya walo bumbu agak dimodif dikit tambah aja daun sop, daun bawang, bawang bombay, daun jeruk purut kalo ada, plus lombok biji 100 butir dihambur diatasnya (yang hijau) biar nendang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: