Gudeg kering ala Wijilan

Bahan-Bahan
* 1 kg – nangka muda, cacah
* 500 ml – santan kental
* 10 bh – cakar ayam
* 5 lbr – daun salam
* 3 bh – serai, memarkan
* 5 sdm – minyak goreng
* 10 siung – bawang merah, haluskan
* 5 siung – bawang putih, haluskan
* 10 btr – kemiri, haluskan
* 1 sdm – ketumbar, haluskan
* 1 sdt – terasi, bakar dan haluskan
* 150 gr – gula merah, haluskan
* 2-3 sdt – garam, haluskan

Cara Pembuatan
1 Siapkan panci presto. Masukkan berturut-turut bumbu halus dan santan, aduk dulu. Baru masukkan salam, serai, lengkuas, cakar ayam dan irisan nangka muda. Tutup panci presto rapat. Nyalakan api. Panaskan nangka muda hingga panci presto berbunyi. Masak terus sekitar 30 menit. Dinginkan.
2 Siapkan wajan penggorengan yang cukup besarnya. Beri 5 sdm minyak goreng, blondho, dan nangka muda yang telah dingin. Aduk-aduk di penggorengan hingga seluruh air menyusut dan gudeg kering dan lebih pekat warnanya.
3 Sajikan dengan Baceman Gudeg Ayam dan Sambal Goreng Krecek (Kering).
4 TIPS & TRIK: Memasak dengan panci presto akan membuat gudek kita cukup merah sehingga tak perlu pakai daun jati . Kalau tidak punya panci presto, siap-siap saja menambahkan santan dan memasak gudeg dengan panci biasa dengan waktu yag cukup lama. Apinya kecil saja. Kalau suka, tambahkan daun singkong pada gudeg ini. Sedap deh.
5 TIPS & TRIKS: Gunakan santan yang kental ya, biar ada sedikit areh terbentuk. Semakin kental semakin bagus.
6 TIPS & TRIKS: Gula merah yang digunakan mlandhing tak terlalu banyak, karena mlandhing tak terlalu suka manis. Jadi kalau selera user manis, boleh ditambah secukupnya.
7 TIPS & TRIKS: Kalau punya blondo alias endapan kalau pas kita bikin minyak kelapa, enak banget jika ditambahkan saat kita menggongseng gudeg. Rasa gudeg lebih mantap, dan areh keringnya bisa banyak. Puas

Sumber: makanapaya.com/recipes/view/35/gudeg-kering-ala-wijilan

6 Comments to “Gudeg kering ala Wijilan”

  1. Kalo bisa pake gambar mas/mbak, biar makin ngiler bacanya…

  2. Kalo bisa pake gambar mas/mbak, biar makin ngiler bacanya…

  3. da resep gudeg yg pake krecek n his gank g?
    Kalau beli gudeg, saya suka ambil sambal goreng kreceknya saja……..
    berhubung sekarang dah di sumatera, jd susah cari pedagang gudeg yg ada sambal goreng krecek…trimakasih

  4. kalo dipesan bisa kok……….dikirim……

  5. saya pernah mencoba masak gudek dengan menggunakan presto kenapa kok hasilnya enggak bisa berwarna merah

  6. Pake ceker jg ya, saya taunya pake krecek aja. Thanks infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: