Sayur Jantung Pisang

Bahan:
1 bh jantung pisang
Daun salam
Lengkuas, geprek
500 ml kaldu daging/tulang
100 ml santan sedang

Bumbu, haluskan:
5 bawang merah
3 bawang putih
2 cabe merah

Minyak goreng, utk menumis

Garam
Air asam jawa, secukupnya

Cara membuat:
Buang lapisan berwarna merah dari jantung pisang.
Jadi yg dipakai mulai lapisan warna pink muda.
Didihkan air, tambahkan sedikit garam.
Rebus jantung pisang yg sdh dipotong 2, hingga ckp empuk….kira2 10 mnt deh.
Angkat, kemudian iris2 melintang, sishkan.
Tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum.
Masukkan ke dlm kaldu, didihkan, masak hingga aromanya tercium.
Tuangkan santan, masak hingga mendidih sambil diaduk2.
Masukkan irisan jantung pisang, tambahkan garam dan air asam jawa.
Cicipi rasanya, angkat.

sumber: makanantradisionalmandailing.blogspot.com/2009/12/sayur-jantung-pisang.html

9 Comments to “Sayur Jantung Pisang”

  1. Ini sayur favoritku dan suami, enak dan asyik lho. Biasanya kumasak kalau hari Minggu. Kadang jantung pisang kumasak dengan bumbu rendang, boleh dicoba! jendelakatatiti.wordpress.com

  2. Mantaf neh. Tapi kabarnya rasanya masih tergantung sama jenis pisangnya…

  3. Jantung pisang… saya belum pernah makan ini. rasanya kayak gimana ya. Menurut beberapa sumber ini enak dan kaya protein.

  4. Waduh enak smuax neh yamyam

  5. ini makanan faforitku ada ndak resep lain dari bahan jantung pisang? kalau ada bagi dong pingin masakan jantung pisang dengan resep berbeda???

    • Ada sih, setelah jantung pisang direbus sampai empuk, iris2 lalu ditaburi kelapa urap. Makannya pake ikan asin atau rempeyek teri. Nasinya nasi merah…sehat kok….

  6. Ooohh… ternyata ada resep makanan dengan bahan jantung pisang yang berkuah toh… baru tahu…
    Dulu waktu kecil, pembantu keluarga kami yang asli Gorontalo sering membuatkan sayuran semacam urap dengan jantung pisang.
    Rasanya pedas, segar ala makanan Sulawesi Utara.

  7. kalo udah bisa masak sayur jantung pisang….jangan lupa kuliah akselerasi di interlife ya…….

  8. hmm..bnyk bnget ni mnfaat jNtung piSang,,selain ada karbohidrat n vitamin, jntung pisng jg baik tuk org yg lgi program diet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: