Bebek Goreng Madura

Bahan:
1 ekor (900 g) bebek, potong-potong
2 sdm cuka/air jeruk nipis
500 ml air
4 lembar daun jeruk purut
2 batangs erai, potong 4 cm dari pangkal akar, memarkan.

Bumbu,haluskan:
8 butir bawang merah
8 butir kemiri
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt merica butiran sangrai
2 cm jahe
3 cm kunyit
3 lembar daun jeruk purut
3 cm lengkuas muda
1 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
2 sdt garam

Cara Membuat:
# Bersihkan bebek, potong-potong menjadi 8 atau 10 bagian. Lumuri dengan cuka/air jeruk nipis sambil remas-remas hingga rata.
# Taruh dalam wadah bertutup, taruh dalam lemari es selama 30 menit. Bilas air hingga bersih, tiriskan.
# Aduk bebek dengan Bumbu yang dihaluskan hingga rata. Diamkan selama minimal 1 jam.
# Taruh bebek berbumbu dalam panci, tuangi air, masak dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga daging bebek empuk. Kalau perlu tambahkan air panas.
# Jika memakai panci presto, masak bebek selama 30 menit (dihitung sejak panci berdesis)
# Angkat bebek, dinginkan. Sisihkan bumbunya.
# Goreng bebek dalam minyak banyak dan panas hingga kering.
# Angkat, tiriskan.
# Sajikan dengan Sausnya dan Sambal.
# Saus: masak sisa saus dengan 2 sdm minyak sayur hingga mendidih dan kental. Angkat.

Untuk 6 orang

Sumber: Odilia Winneke – detikfood

14 Comments to “Bebek Goreng Madura”

  1. wuih pasti enak banget tuh,,bagi donk,,xkxkxk,,,

  2. Makasih banget resepnya,,,,jadi kepengen makan.blog yg sangat berguna.makasih

  3. Wah, mantap banget resepnya… blog ni sangat berguna terutama bagi ibu2…

  4. pengen nyobain masak sendiri

  5. bebek bebek bebek . . .
    aq mau aq mau aq mau . . . .

  6. resep yang penuh inspirasi
    salam sukses

  7. Ternyata masakan madura, tak kalah nyaman bereng masakan laen, tantaretan, madure tak pèra’ andhi’ sate, tapè bedhe bebek goreng jugen. Nyara nyoba’….Pasté kobessa. Kalangkong reseppa…

  8. koq ga pk cabe y?

  9. mau cobain bebek goreng kami
    silahkan mampir di blog kami

    Thank you & salam kuliners

    Bebek Goreng Barrow in Furness
    Perum.niaga Puri Cendana no,33
    tambun bekasi.

    Facebook : bebek goreng bif
    blog : http://www.bebekgorengbif.wordpress,com
    e-mail : bebekgoreng_bif@yahoo.com

  10. keliatannya simple tapi banyak jg ya bumbunya…

  11. kok gak pakai cabe ya merah or rawit?
    setau saya bebek madura itu pedas bgt n banyak biji cabe nya…
    tolong info yah…

  12. Kayaknya yang masak ga pengen pedes kali. Kalo mau masak, disesuaikan saja dgn selera masing2. Ditambah cabe, jg enak kok.

  13. wah siip … jd kepengen nih.. enak kali ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: