Ketupat & Opor Ayam

Ketupat

Bahan :

3 kg beras untuk lontong
20 cangkang ketupat ukuran sedang, rendam dalam air

Cara membuatnya

  1. Beras untuk lontong dicuci bersih, tiriskan dan sisihkan.
  2. Tiriskan sangkar ketupat.
  3. Masukkan ke dalamnya beras lontong. Jika isinya sudah setengah dari volume sangkar ketupat, tutup, lalu tusuk dengan pisau bagian ujung tutupnya, masukkan helai daun ketupat yang satu ke bagian yang ditusuk tadi lalu tarik dan ketupat pun tertutup dengan sempurna.
  4. Masukkan 12 buah ketupat ke dalam presto (semacam panci gitu), lalu tutup panci dengan benar dan rebus hingga matang kira-kira selama 1 jam.
  5. Jika menggunakan dandang biasa, merebus hingga matangnya kira-kira 4-6 jam.

Tips :

– Gunakan hanya beras yang untuk membuat lontong.
– Ketupat hanya tahan 2-3 hari, karena itu dimasaknya sedikit saja dan seperlunya.
– Memasak dengan presto lebih cepat dan menghemat waktu.
– Lebih baik ketupat dimasak terakhir saja setelah hidangan lebaran yang lainnya.

Opor Ayam

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong 12 bagian
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 liter santan, dari 2 butir kelapa
  • 1 sdm air asam Jawa
  • 3 sdm bawang goreng, untuk taburan
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • garam secukupnya

Haluskan:

  • 6 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri, sangrai
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt merica butir
  • garam secukupnya

Pelengkap:

Lontong atau ketupat, secukupnya

Cara Membuat:

  • 1 sdm ketubar, sangrai
  • Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam, aduk rata, sisihkan 30 menit, cuci bersih, tiriskan.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.
  • Masukkan ayam, daun salam, serai, jahe dan daun jeruk. Aduk sampai berubah warna.
  • Tambahkan air asam Jawa. Masak sampai ayam matang, angkat.
  • Sesaat akan disajikan, panaskan kembali ayam, tuangkan santan.
  • Masak sampai mendidih. Angkat, taburi bawang goreng. Sajikan dengan pelengkap.

Untuk: 12 porsi

Sumber: http://www.kabarinews.com/article.cfm?articleID=32022

22 Comments to “Ketupat & Opor Ayam”

  1. ini makanan favourite ku apa lagi saat lebaran idul fitri / idul adha hmmmm yumii

  2. coba ayamnya panggang sekedarnya baru dimasak opor.. enak loh..

  3. saya akan mencobanya lebaran tahun ini……trims

  4. ini mah makanan favorit gw apalagi pakai ayam kampoeng wooooooooh sedap…………………………..nye coba ada resep opor ayam kampoeng favorit gw ………………………….

  5. Subhanallah,sungguh enak,Putriku nabilah pasti doyan……sayangnya ia di lahat palembang

  6. Putriku huuriyah nabilah,ayah masak opor ayam ini……….mak nyoooooos!

  7. mari kita santap rame-rame besok

    opor ayam muantap untuk lebaran

  8. lebaran sudah lewat ya hihihihi,

  9. wah.. lebaran dah lewat…

  10. walah….walah….pasti deh….ntar di coba.

  11. wah…buat kliping………..

  12. bumbu opor ayam ditambah lengkuas muda yang iris spt batang korek api akan menjd masakan suku bugis yaitu Nasu likku , kuahnya dikit banget lho .

  13. Enak tuh, kemaren pas lebaran saya makan ketupat ama opor ayam. Enak banget sampe nambah. Hehe.

  14. Ayamnya diganti bebek bisa kali ya? Lagi banyak bebek nih

  15. Makasih resepnya, maknyos kayaknya neh.. simpan dulu buat lebaran mendatang🙂

    oiya skalian nitip iklan

  16. Mantap resepnya

    Enak Rasanya jika liat dari gambarnya sih

    Sukses untuk anda ya

    Dari Pabrik Copy CD .com

  17. Makasih resepnya..saya minta ijin copy paste

  18. muantaaaaaaab banget nih

  19. hmm, enak itu.
    Bs dpraktekin bsk drmh.🙂

  20. nih udah jadi masakannya, siapa yg mau nyobain?? Datng aj ke rmh ku, gak usah malu2.Wk..wk..wk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: