Mie Kering Makassar (Mie Titi)

Bahan-bahan :
– Mie Telor
– Daging ayam (ayam filet or ayam potong bisa aja)
– Ati sapi (kalau gak ada pake liverpastei juga bisa)
– Udang diiris sesuai selera
– Baso sapi/ayam 5 butir, iris sesuai selera
– Telor 1- 2 butir, tergantung selera
– Sayur-sayuran (kol, sawi, wortel, etc)
– Tomat
– daun seledri, bawang en prei jangan lupa – iris2 halus
– tepung maizena 3 sendok or sesuai takaran kekentalan yang diinginkan
– Minyak goreng

Bumbu-bumbu :
– bawang putih 3 siung
– bawang bombay 1 siung kecil
– bawang merah 1 siung
– kemiri 1 biji- merica en paprika bubuk
– garam
– cinta;)

Pelengkap :
– jeruk nipis or citroen
– bawang goreng / gebakken uitjes dari Conimex or Inproba;)
– sambel botol

Cara membuat :
** Mie :
– Taruh kepingan mie dibaskom, en siram dengan air panas. Diamkan kurang lebih 4 menit sampe rada lembek (biarkan mie terurai). Tiriskan en biarkan agak dingin dulu.
– Goreng mie yang sudah tiris di wajan or frituurpan (pake’minyak agak banyakan ya, biar mienya tenggelam di minyak), sampai berwarna kecoklatan en jadi kering. Simpan di wadah tertutup biar tetep renyah.

** Kuahnya :
– Rebus ayam dengan 2 liter air (or sesukanya, takaran gue suka2 soale;)) sampai ayamnya lembek, en air rebusan ayam disisihkan buat kuah. Daging ayam di iris2 kotak, sisihkan.
– Bumbu2 diulek or diblender jadi satu. Merica dan garam boleh ditambahkan kemudian sesuai keinginan
– Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu2 yang sudah dihaluskan, kalau sudah kecoklatan masukkan irisan udang, ayam dan baso, aduk sama-sama. Biar gak lengket, masukkan sedikit demi sedikit air rebusan ayam sampai habis. Takaran kuah sesuai selera dan keinginan (kalo gue suka kalau banyak kuahnya, jadi suka dilebih2kan air rebusannya). Biarkan sampai mendidih.
– Sambil kuah mendidih, cicipin dikit takaran garam en merica. tiup2 dulu, jangan sampai lidah jadi terbakar kepanasan;).
– Setelah menididih beberapa saat, masukkan sayur2an yang sudah dipotong2, biarkan beberapa saat.
– Siapkan campuran tepung maizena yang diaduk dengan air, tuang perlahan2 kedalam kuah sampai tercapai kekentalan yang diinginkan.
– Setelah kuah rada mengental, yang terakhir masukkan ceplokan telur dan langsung aduk kuah biar jadi terlihat seperti berserat.
– Biarkan mendidih beberapa saat sambil terus diaduk – supaya gak lengket di panci.
– Masukkan irisan daun seledri, bawang, dan prei.. Udah, selesai buat kuahnya
– Matikan kompor jangan lupa ya;)..

Cara penyajian :
– Siapkan piring, dan taruh mie goreng kering di piring sesuai porsi yang diinginkan
– Tuangkan kuah diatas mie.
– Taburi dengan bawang goreng, peras dengan jeruk nipis, tuangin dengan sambel botol.
– Jangan lupa, masukkan sejumput bumbu cinta kedalam mie titi ini;)..
– Selamat menikmati.

Tips :
– Untuk daging ayam : kalo gue lebih seneng pake ayam potongan gitu (kip karbonade), tapi kulit ayamnya dilepas dulu, en lemak2nya disingkirkan, baru ayamnya di rebus. Soale tulangnya khan gurih tuh buat kuah, en ntarnya khan bisa gue nikmati juga.
– Kulit ayam gue gak buang, di iris kecil2 terus digoreng dijadiin minyak ayam. Jadinya tambah nikmat.
– Kalau yang suka, boleh pake vetsin or penyedap rasa.. gue mah nggak pernah pake, jadi gak dicantumin di bahan2.

sumber asli: http://dianlodewijk.multiply.com/photos/album/3/Mie_Titi_a_la_Dian

sumber photo: http://orbit99tours.blogspot.com/2010/03/mie-kering-renyah-berkuah-gurih.html

10 Comments to “Mie Kering Makassar (Mie Titi)”

  1. mengamankan posisi pertama…🙂

  2. trims buat resepnya….
    tinggal di NL ya?

  3. terima kasih resep nya…
    bagus resep nya…
    saya coba dulu ya…

    boleh tukaran link ga?

  4. itu mirip dengan bihun ya..btw,makasih resepnya mantabbb

  5. itu mirip dengan bihun ya..btw,makasih resepnya mantabbb

  6. terima kasih atas resepnya..
    kapan2 mau di coba…

  7. belum pernah makan..jadi pengen

  8. klo mau mau masukin resep, cantumin sumber aslinya dong
    http://dianlodewijk.multiply.com/photos/album/3/Mie_Titi_a_la_Dian

  9. aduh, koq resepku dicopy paste tanpa ijin ya? melanggar hak cipta tuh! sebenernya gak kenapa2 sich, cuman masalahnya ingredientsnya sudah disesuaikan dengan kondisi tempat tinggal aku sekarang, jadi udah gak originel lagi en kalo ada yang mo pakai trus nggak ngerti, apa yang ngecopy paste ini bisa ngejelasin? semoga jadi pelajaran kemudian hari, bila mengutip or mengambil dari situs tolong dipasang source linknya. thanks

  10. Wah, kayanya enak banget ya, Jadi kepengen coba juga. Thanks resepnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: